oleh

Pasar Seketeng Beroperasi 2021, RSUD Masih Terkendala Pandemi

Sumbawa Besar, Mediasumbawa.com,- Pjs. Bupati Sumbawa Ir. Zainal Abidin, M.Si menyatakan, terkait pasar seketeng, pembangunannya akan rampung pada akhir Desember 2020 dan operasionalnya direncanakan pada awal tahun 2021. ‘’Jawaban ini sekaligus menjawab pemandangan umum fraksi Partai Keadilan Sejahtera,’’terangnya saat menanggapi pandangan Umum Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumbawa, pada sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa, Jumat (27/11/2020) di gedung DPRD Sumbawa.

Mengenai pasar Utan jelas Pjs. Bupati,  sesungguhnya sudah direncanakan relokasi pedagang. Namun karena pandemi covid-19 serta kondisi akses jalan menuju pasar Utan perlu perbaikan sehingga pada tahun 2020 belum dapat dioperasikan.

Terkait dengan kelanjutan pembangunan RSUD terang Bupati, bahwa pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan RSUD baik dengan menggunakan APBD kabupaten maupun upaya mendapatkan bantuan pendanaan dari pemerintah pusat. Sebagai informasi tahun 2020 telah dialokasikan pembangunan lanjutan RSUD sebesar 23 milyar. Namun karena pandemi covid-19 anggaran dimaksud direfocussing untuk penanganan pandemi covid-19. ‘’ Demikian pula dengan upaya pendanaan dari APBN, untuk tahun 2021 telah diusulkan melalui DAK fisik bidang kesehatan sebesar 248 milyar, namun karena kondisi keuangan negara yang terdampak covid-19, usulan belum dapat dipenuhi,’’jelas Pjs. Bupati dihadapan Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa.

Sementara, berkaitan dengan lahan pengganti balai benih akan diselesaikan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

Sebelumnya Fraksi partai Gerindra melalui juru bicaranya M. Tahir mempertanyakan, Pembangunan Pasar Seketeng.  ‘’ fraksi partai gerindra meminta penjelasan terkait pengoperasionalnya yang sampai saat ini masih belum tuntas. Karena proyek pembangunan pasar tersebut seharusnya sudah rampung,’’terang M. Tahir dihadapan Paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa, Kamis, (26-11-2020). Ia juga meminta kejelasan terhadap proses pembangunan pasar Utan sehingga belum difungsikan disatu sisi dan proses pembangunannya di sisi lain. ‘’ kami fraksi partai gerindra meminta dengan tegas untuk melakukan penguatan pasar yang ada di serluruh kabupaten sumbawa bukan hanya pasar seketeng dan pasar utan,’’harap Jubir Fraksi Partai Gerindra ini.

Baca Juga:  Satu Sampel Terindikasi Omicron Dalam Pemeriksaan Laboratorium

Terkait dengan pembangunan RSUD terang, M. Tahir,  Fraksi Partai Gerindra meminta kejelasan terkait pembangunan yang membutuhkan anggaran sebesar 250 milyard serta meminta kejelasan akan komitmen pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait dana pembangunannya. ‘’ masih terkait dengan pembangunan RSUD kami fraksi Partai Gerindra meminta tanggung jawab eksekutif terkait pergantian lahan balai benih yang diperuntukkan untuk pembangunan rsud.’’terang M.Tahir  (MSX).

Komentar

Berita Pilihan