Selama Ramadhan, Pemda Pastikan Stok LPG 3 Kilogram Aman

Pemerintahan38 views
Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memastikan ketersediaan gas LPG 3 kilogram aman, selama puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Hal itu diketahui setelah melakukan pertemuan dengan berbagai pihak, beberapa waktu lalu.
Hal itu disampaikan Kabag Ekonomi Setda Sumbawa, Khaeruddin kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (4/3/20224). Setelah melihat trend sepanjang tahun, saat puasa dan hari raya cenderung permintaan untuk gas pasti meningkat. Sehingga untuk menghindari kemungkinan terjadinya kelangkaan, Pemda bersama pihak Pertamina, agen dan penyalur LPG, melakukan pertemuan, untuk mengetahui kondisi lapangan. “Kondisi dengan trend itu, kita secara bersama-sama menjaga jangan sampe tidak ada perhatian yang cukup intens dari kondisi seperti itu. Sehingga kita evaluasi kuota untuk tahun 2024 secara umum, juga kita evaluasi semua agen penyalur termasuk SPBE,” tuturnya.
Dengan keberadaan dua SPBE di Kabupaten Sumbawa yakni di Unter Malang dan Pungka, bisa dipastikan distribusi LPG lebih cepat. Dibandingkan dulu yang masih harus menunggu pengangkutan atau mobilisasi dari Pulau Lombok. “Sekarang sudah melalui Pertamina, jadi infrastrukturnya disana dibangun, untuk kelancaran distribusi Pulau Sumbawa,” terangnya.
Ditegaskan, kuota gas untuk Kabupaten Sumbawa aman hingga hari raya Idul Fitri mendatang, sebanyak 12.090 MT, atau kalau dikonversikan menjadi 12.090.000 kg, atau sebanyak 4.030.000 juta tabung selama 2024. “Alhamdulillah berdasarkan laporan dari Pertamina, kuota kita tahun 2024 ini masih standar. Sumbawa karena kita di angggap masih daerah konversi dari minyak tanah ke gas, jadi untuk 2024 kita tidak ada pengurangan secara signifikan dan tetap sesuai kuota yang di tetapkan yakni sekitar 12 ribu MT. Jadi itu yang setiap hari diedar selama tahun,” pugkasnya. (msg)

Komentar