MXGP 2024 Diharap Dorong Pengembangan Sport Tourism Sumbawa

Pariwisata75 views
Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Menyambut dimulainya persiapan pelaksanaan event internasional MXGP Sumbawa – Lombok Tahun 2024, media gathering dilaksanakan Rabu (28/2/2024) di Sate Celup Kemang Jakarta.
Dalam kegiatan tersebut, hadir chairman of MXGP 2024, Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani yang didamping Asisten Perekonomian dan pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata serta Sekretaris BKAD. Selain itu, media gathering ini juga dihadiri oleh artis ibukota Baim Wong dan CEO Nuon Aris Sudewo.
Wabup Sumbawa Hj. Dewi Noviani menyampaikan rasa bangga pemerintah daerah dan masyarakat yang mendapat kehormatan menyelenggarakan MXGP untuk ketiga kalinya.
Untuk event di tahun ini, pelaksanaannya direncanakan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 29 sampai 30 Juni 2024. Ini juga telah menjadi sorotan utama dalam kalender olahraga internasional dan berhasil mencapai standar yang sangat tinggi. “Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung untuk kesuksesan acara ini, mulai dari pemerintah pusat khususnya melalui Kementerian Pariwisata dan Ekraf, promotor nasional Samota Enduro Gemilang, para sponsor, relawan, hingga masyarakat lokal yang turut serta mendukung,” ujar Wabup.
Menurutnya keberhasilan penyelenggaraan juga tidak terlepas dari dukungan penuh Pemprov NTB, pihak TNI Polri, Imigrasi, Beacukai dan instansi pemerintah lainnya yang terkait. Selain menjadi ajang kompetisi yang bergengsi, MXGP tahun ini juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal melalui pelibatan UMKM, peningkatan kunjungan wisata dan promosi destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa. Hal ini membuktikan bahwa olahraga dapat menjadi alat yang efektif dalam memajukan sektor pariwisata dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. “Kami berharap bahwa kesuksesan MXGP tahun 2024 ini akan menjadi dorongan untuk terus mengembangkan sport tourism di NTB khususnya di Kabupaten Sumbawa dan menjadikan tuan rumah yang ramah bagi acara-acara olahraga nasional dan internasional di masa depan,” harap Wabup.
Sebelumnya Chairman of MXGP 2024, H. Zulkieflimansyah mengatakan, masyarakat nantinya tidak hanya dapat menyaksikan MXGP 2024 saja, namun juga dapat menjelajahi keindahan dan potensi wisata, serta keunikan budaya yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri di Lombok dan Sumbawa. “Saya mengundang masyarakat Indonesia dan mancanegara pecinta motor cross dan keindahan alam Indonesia, untuk datang dan menjadi saksi betapa eksotisnya pemandangan di Lombok dan Sumbawa,” ujar Doktor Zul – akrabnya disapa.
Aris Sudewo CEO Nuon yang merupakan anak perusahan Telkom sebagai provider ticketing official untuk MXGP 2024 menyebutkan, tiket bisa didapatkan mulai tanggal 1 maret 2024 melalui situs www.tiketapasaja.com. Adapun kategori tiket untuk pertandingan di Sumbawa dan Lombok untuk kelas Festival Rp 100.000, kelas Tribune Rp 350.000, VIP Rp 4 juta dan Paddock Pass Rp 250.000. Namun untuk pemesanan early bird 1-30 maret dapat discount hingga 50 persen untuk semua kategori. “Melalui tiketapasaja.com, kami akan mengakomodir kebutuhan penggemar balap sambil menikmati keindahan alam Lombok dan Sumbawa dengan memastikan pembelian tiket berjalanan dengan efektif dan efisien,” kata Aris pada acara yang sama.
Adanya MXGP Sumbawa – Lombok ini juga menarik perhatian artis ibukota dan influencer Baim Wong. Bahkan ia sangat tertarik berkunjung ke Sumbawa dan membuat film.
Selain itu Baim yang didampingi Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa, Dedy Heriwibowo, telah mengagendakan perjalanan ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa sambil mempromosikan MXGP Sumbawa Lombok dan wisata Kabupaten Sumbawa. (MS)

Komentar