Atasi Dampak Banjir, BPBD Sumbawa Salurkan Ribuan Bronjong

Pemerintahan68 views
Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa beberapa waktu lalu menyebabkan kerusakan di beberapa titik. Salah satunya tanggul yang berada di sisi sungai. Untuk mengatasi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa yang bekerjasama dengan BWS NT 1 NTB menyalurkan bronjong.
“Bronjongnya ini kami dapat 5 ribu lembar dari BWS NT1 NTB, wilayah masyarakat yang terkena banjir  kemarin di Kecamatan Buer di Desa Kalabeso, Desa Jurumapen, sama di Kecamatan Alas, Jembatan Marente,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa, Muhammad Nurhidayat kepada wartawan, Rabu (28/2/2024).
Diungkapkan, besarnya air bah yang datang menyebabkan sarana dan prasarana sungai hancur.
“Untuk mengurangi merusak pemukiman, sawah masyarakat kami dibantu bronjong tim BWS NTB,” tambahnya.
Selain di lokasi tersebut, banjir kembali terjadi di beberapa desa lainnya. “Sekarang ada banjir lagi di wilayah Labangkar, tim BWS bersama BPBD sudah naik ke Labangkar dan Ropang. Di Kecamatan Ropang itu ada Ropang, Labangkar dan Lawin, itulah kesulitannya karena askes yang agak sulit. Kami bisa mengatasi sendiri dengan adanya bantuan dari BWS hingga pembiayaannya jauh berkurang melalui BPBD,” jelasnya. (msg)

Komentar