oleh

Panitia-9 Mapin Kebak Ajak 9 Bacakades Jaga Pilkades

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa
Panitia-9 pemilihan kepala desa di Desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat, mengajak seluruh Bacakades yang telah ditetapkan oleh panitia, untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama proses pemilihan, baik sebelum hingga pasca pemilihan. Sebab, di Desa Mapin Kebak telah ditetapkan 9 orang Bacakades oleh Panitia-9, sehingga akan gugur 4 orang dalam seleksi tambahan mendatang.
“Semua sudah buat pernyataan bersama secara tertulis. Siapapun dari Sembilan orang itu yang nantinya tidak lolos diseleksi tambahan. Kewajiban bersama, baik yang lolos dan tidak lolos untuk tetap menjaga suasana tetap aman dan nyaman,” kata Dedi Muchsini, ketua Panitia-9 Desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat, di Sumbawa Besar Selasa (29/01).

Dedi Muchsini


Diungkapkan, point pernyataan bersama tersebut antara lain bersedia mengikuti seleksi tambahan bakal calon kepala desa yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang, sebagai bentuk pelaksanaan dan pemenuhan ketentuan pasal 28 ayat (1-13) Perbup nomor 12 tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa. Selain itu, Bacakades akan menerima apapun hasil seleksi tambahan yang akan dilaksanakan, sepanjang proses dilakukan secara adil dan sesuai ketentuan.
Dijelaskan, Panitia-9 Desa Mapin Kebak telah menetapkan 9 orang calon Bacakades menjadi Bacakades 27 Januari lalu. Penetapan tersebut dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, termasuk dari Panwas.
Ditegaskan, penetapan 9 Bacakades Mapin Kebak tersebut, setelah seluruh persyaratan Bacakades yang diajukan ke Panitia-9 dipastikan memenuhi semua persyaratan, termasuk legalitas persyaratan tersebut. “Kami di Mapin Kebak itu homogen. Jadi kami panitia tahu, misalnya dimana bakal calon itu sekolah dan lainnya. Kami tahu persis siapa yang mendaftar,” ungkap dia. (MS/MU/Kr)

Baca Juga:  Penanganan Covid-19 Dievaluasi

Komentar

Berita Pilihan