Bupati : Pajak Berkontribusi Wujudkan Program Pembangunan

Pemerintahan47 views
Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdulkah mengikuti Tax Gathering Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Lantai 3 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sumbawa Besar, Rabu, (28/2/2024). Hadir juga pada Kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, serta OPD terkait.
Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar, Benny Santosa, menyampaikan Kegiatan ini merupakan bukti kerja sama yang telah terbangun baik antar DJP, Forkopimda Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, serta stakeholders wajib pajak dalam rangka mengamankan penerimaan pajak Pusat dan Daerah. Hingga tahun 2023 juga KPP Pratama Sumbawa Besar telah mendapatkan beberapa pencapaian antara lain pada Tahun 2022, berhasil merealisasikan target penerimaan pajak dengan 126,58% dengan Kepatuhan pelaporan SPT Tahunan mencapai realisasi 114,26% dengan jumlah penerimaan SPT sebanyak 25.723. pada Tahun 2023, berhasil merealisasikan target penerimaan pajak dengan capaian 109%, dengan realisasi sebesar Rp. 1.328.945.740.891. Dengan Kepatuhan SPT Tahunan berhasil mencapai realisasi sebesar 23.726, dengan capaian 103,13%.
Selain itu, Ia juga mengajak untuk melakukan pemadanan NIK dan NPWP melalui Pajak.go.id sebelum 30 Juni 2024 serta, melaporkan SPT Tahunan paling lambat 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April 2024 untuk Wajib Pajak Badan. Beliau juga menyampaikan bahwa sejak Tahun 2019, KPP Pratama Sumbawa Besar Masih menyandang predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Sementara, Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para wajib Pajak dan bukti terjalinnya sinergi antara KPP Pratama Sumbawa Besar dan Seluruh stakeholders di Sumbawa maupun Sumbawa Barat dalam rangka mengamankan penerimaan pajak Pusat dan pajak Daerah. Sinergi tersebut untuk mewujudkan cita-cita Nasional dan Daerah melalui program Pembangunan. Pajak hingga saat ini berkontribusi lebih Dari 75% Dari total penerimaan negara (APBN).
Bupati juga mengajak untuk bersama-sama menjadi Role Model bagi Kepatuhan pemenuhan kewajiban Perpajakan dengan menghitung, membayar dan melaporkan pajak yang dibayarkan sesuai ketentuan yang berlaku. Serta, mengaja masyarakat segera melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP melalui website pajak.go.id sebelum 30 Juni 2024 dan pelaporan SPT Tahunan dengan batas waktu pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi paling lambat 31 Maret dan Wajib Pajak Badan, 30 April 2024.
Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pemberian Piagam Apresiasi oleh Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar kepada pemda Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat serta Penyerahan penghargaan kepada stakeholders penerimaan pajak KPP Pratama Sumbawa Besar. (MS)

Komentar