oleh

Indeks Literasi Masyarakat Ditargetkan Meningkat

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Salah satu tantangan terbesar dalam meningkatkan budaya literasi adalah rendahnya minat baca masyarakat. Di Kabupaten Sumbawa, indeks literasi masyarakat masih berada pada kategori rendah, yaitu hanya 5,177.


Karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk terus meningkatkan indeks literasi masyarakat di Kabupaten Sumbawa melalui berbagai intervensi yang memadai, diantaranya dengan lebih intens melaksanakan kegiatan  perpustakaan keliling maupun memanfaatkan alat teknologi digital lainnya.

Komitmen tersebut bahkan telah tertuang dalam salah satu misi pemerintahan Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban, yakni mewujudkan Sumbawa sehat dan cerdas melalui peningkatan derajat pendidikan dan kesehatan.


Kedepan, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah  menargetkan terjadi peningkatan indeks literasi masyarakat menjadi kategori sedang sampai dengan kategori tinggi.


Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Aula H. Madialoe ADT, Kantor Bupati Sumbawa pada Rabu pagi (6/10).


Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI, Gubernur NTB secara virtual, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD Sumbawa, Sekda, para Asisten, dan para Rektor Perguruan Tinggi Se-Pulau Sumbawa.


Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meminta Dinas Pussip, Dinas Dikbud dan Dinas Kominfotiksan Kabupaten Sumbawa agar lebih intens melakukan terobosan-terobosan lain yang bisa meningkatkan budaya literasi masyarakat. (MS/SP/***)

Baca Juga:  Wabup Resmi Jabat Ketua GOW Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan