oleh

DPMD Segera Tetapkan Lembaga Seleksi Tambahan Bacakades

SUMBAWA BESAR, Media Sumbawa
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, dalam waktu dekat akan menetukan lembaga yang akan melakukan seleksi tambahan bagi bakal calon kepala desa. Sebelumnya, terdapat tiga lembaga yang mengajukan permohonan untuk melakukan seleksi tambahan antara lain, Fakultas Hukum Universitas Samwa (UNSA) dan Pusat Pengembangan Psikologi Terapan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).
“Secepatnya akan diputuskan, karena ini tidak termasuk dalam tahapan pilkades, sehingga harus disesuaikan. Yang jelas dilaksanakan 14 februari seleksi tambahannya, dan harus sebelum itu,” kata Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Deden Fitriadi, di ruang kerjanya Selasa (21/01).
Diungkapkan, tiga lembaga yang mengajukan diri tersebut, telah melakukan ekspose sekitar 16 Januari lalu. Dan tim penilai akan melakukan pertemuan, untuk menetukan lembaga yang ditunjuk dari ekspose yang dilakukan oleh masing-masing lembaga.
“Nanti tim penilai, akan melakukan rapat sekali untuk menentukan siapa yang ditunjuk. Dan kemudian nanti akan di SK-kan oleh ketua pemilihan kabupaten, Pak Sekda. Kalau bisa clear dalam minggu ini, mereka punya waktu dua atau tiga minggu untuk mempersiapkan diri,” ucapnya.
Dikatakan, dalam melakukan tes tambahan, lembaga musti memenuhi kompetensi untuk melakukan seleksi atau tes Bacakades dengan tiga kategori. Yakni tes komptensi dasar, tes kompetensi akademik dan tes psikologi.
“16 januari lakukan ekspose tentang metode, cara, strateginya mereka untuk melaksanakan tes tambahan itu. Dan nanti harus diumumkan hari itu juga hasil tesnya. Jadi musti diputuskan saat itu juga peringkingan. Tidak boleh ada jeda waktu untuk menghindari lobi-lobi,” tegasnya.
Diungkapkan, dari 619 orang, sedikitnya 337 Bacakades akan melakukan tes tambah dari 45 Desa. “Ada tes kompetensi dasar, tes kompetensi akademik dan tes psikologi. Indikator yang harus dipenuhi oleh yang akan melaksanakan tes tambahan,” katanya. (MS/MU)

Baca Juga:  APBD 2021 Sumbawa Bertambah Rp 53 Miliar Lebih

Komentar

Berita Pilihan