oleh

Datangi Sekolah, Disdukcapil Kejar Target 30 Persen Penerbitan KIA

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Tidak hanya orang dewasa, saat ini anak-anak sudah bisa memiliki dokumen kependudukan dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini dinilai penting, sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa terus mengejar target 30 persen nasional dalam penerbitan KIA.

‘’KIA salah satu program Pemerintah dalam rangka memberikan hak kepada warganya. Jadi tidak hanya KTP yang mulai dari umur 17 tahun, tapi juga anak-anak dibawah itu berhak mendapatkan dokumen kependudukan. Mulai dari usia 0 hingga 17 kurang satu hari, itulah data warga yang berhak mendapatkan KIA,’’ ungkap Kepala Disdukcapil Sumbawa – Jaya Kusuma kepada wartawan, Jumat (14/1).

Diungkapkan, sasaran penerbitan KIA di Kabupaten Sumbawa sebanyak 135.076 orang. Untuk memenuhi target tersebut, salah salah satunya mendatangi sekolah-sekolah. Seperti yang dilakukan di SD Negeri 6 Sumbawa Besar, yang secara simbolis sudah diserahkan 10 KIA oleh Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah. ‘’Kami sudah berkoordinasi dengan Kadis Dikbud dalam rangka mensukseskan KIA untuk anak Sekolah Dasar. Sehingga kedepannya, semua anak-anak dibawah 17 tahun itu sudah mendapat identitas kependudukannya,’’ tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan, pada tahun 2021 pihaknya telah mencetak sekitar 32 ribu KIA. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun 2020 yang hanya bisa mencetak sekitar 10 ribu KIA. Pihaknya akan terus mengejar pemenuhan target tersebut di tahun 2022. ‘’Sesuai dengan target nasional 30 persen. Karena memang sampai akhir desember 2021, kami baru bisa mencapai 23 persen dari target 135.076 orang itu,’’ terangnya.

Menurutnya, pembuatan KIA sangatlah mudah. Adapun yang perlu disiapkan untuk bisa memperoleh KIA yakni, pas foto berwarna ukuran 3×4 untuk anak 5 tahun keatas, foto copy KK, dan foto copy akta kelahiran. Bagi sekolah, ini bisa dilakukan secara kolektif, pihaknya pun bisa langsung mencetak di kantor dengan kolektif pula. ‘’Kami juga akan mengoptimalisasikan semua gerakan ini, karena terkadang gangguan teknis dan lainnya itu yang selalu kami hadapi. Kedepan ini akan bisa kami atasi,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  Sumbawa Ditunjuk Sebagai Lokasi Pelaksanaan LATSITARDANUS

Komentar

Berita Pilihan