oleh

Bupati Paparkan Keberhasilan di HUT Kabupaten Sumbawa ke-63

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa – Drs. H. Mahmud Abdullah bertindak sebagai inspektur pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke 63 tahun, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sumbawa, pada Sabtu (22/1). Dalam kesempatan itu, Bupati memaparkan keberhasilan pencapaian Kabupaten Sumbawa dalam beberapa tahun terakhir.

Bupati Sumbawa dalam amanatnya mengatakan, kurang dari setahun, tepatnya 8 bulan 27 hari, dirinya bersama Wakil Bupati – Dewi Noviany S.Pd., M.Pd telah menjalankan roda pemerintahan beserta segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Pihaknya berkomitmen melanjutkan kerja yang sudah baik, membenahi apa yang masih kurang dan berusaha mempercepat kemajuan daerah.

“Dalam waktu yang singkat tersebut, dapat kami sampaikan, alhamdulillah atas dukungan semua pihak, transisi pemerintahan telah berjalan lancar. Proses penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun telah diselesaikan tepat waktu, desain penyederhanaan birokrasi, penataan dan penempatan aparatur telah berjalan lancar, serta berbagai agenda kerja jangka pendek telah terlaksana dengan baik,” tutur Haji Mo – sapaan akrab Bupati.

Dilanjutkkan, adapun pencapaian Pemda Sumbawa sepanjang tahun 2021 antara lain, berhasil mempertahankan untuk yang kesembilan kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah. Kemudian, aspek akuntabilitas kinerja pemerintah, Kabupaten Sumbawa berhasil mempertahankan predikat B dari hasil evaluasi Kemenpan-RB terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan.

Dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2021, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih predikat sebagai Badan Publik Informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Kemudian, Bidang Olahraga, para atlet Kabupaten Sumbawa berhasil meraih prestasi membanggakan pada perhelatan pekan olahraga nasional ke-XX di Papua. Sembilan atlet asal Kabupaten Sumbawa turut berlaga memperkuat kontingen Provinsi NTB, 7 di antaranya berhasil menyumbangkan 5 medali emas, 1 medali perak dan  4 medali perunggu. Tak hanya itu, pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-xvi di Papua tahun 2021, 2 dari 3 atlet penyandang disabilitas Kabupaten Sumbawa, berhasil menyumbangkan 1 medali emas dan 2 medali perunggu.

Baca Juga:  DPMD Minta Desa Segera Melaksanakan Musdes

Selanjutnya, dalam hal penanganan pandemi, berdasarkan Instruksi Mendagri nomor 4 tahun 2022 bahwa status pandemi Kabupaten Sumbawa sudah berada pada level-1 bersama 9 kabupaten/kota lainnya di NTB. Semua ini tercapai, atas dukungan semua pihak terutama kerja keras tim vaksinasi serta kolaborasi dengan TNI-Polri capaian vaksin hingga 20 januari 2022, dosis-1 telah mencapai 80,26 persen, dosis-2 sebanyak 57,39 persen dosis-3 mencapai 3.363 orang dan pada tanggal 14 Januari yang lalu telah dimulai pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun dan dilanjutkan hingga kecamatan dan desa. Upaya ini adalah ikhtiar bersama agar terbentuk herd imunity masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Selain itu, berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih prestasi sebagai Kabupaten bebas ODF (Bebas Buang Air Besar Sembarangan), sebagai ikhtiar mendukung agenda pembangunan nasional yaitu implementasi lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. “Saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat Sumbawa, untuk terus mempertahankan semangat kebersamaan dan memelihara suasana kondusif di daerah ini, bergerak simultan mewujudkan visi pembangunan “Sumbawa Gemilang sang Berkeadaban”.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Kapten Inf. Robert, Periwira Seksi Personil Kodim 1607 Sumbawa. Kapten Inf. Abidin, Danramil 1607-01 Sumbawa. Hadir pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi NTB yang mewakili Gubernur NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, para mantan Bupati dan mantan Wakil Bupati Sumbawa, Anggota DPRD Provinsi NTB, para Bupati/Walikota se-Provinsi NTB, para Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Para Pimpinan dan anggota DPRD Sumbawa, Sekretaris Daerah beserta Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, para Pimpinan Partai Politik, Rektor Perguruan Tinggi, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda dan Organisasi Wanita, Para Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Kalangan Cendekiawan, Pimpinan LSM. (msg)

Baca Juga:  540 Ormas Terbentuk di Kabupaten Sumbawa

Komentar

Berita Pilihan