oleh

Bank Dunia Belajar Analisis Kinerja Ke Puskesmas Sumbawa

Sumbawa Besar, Media Sumbawa

Sejak berubah status dari UPT menjadi Badan Layanan Umum Daerah BLUD pada Januari 2019 lalu, Puskesmas Unit I Sumbawa terus melalakukan pembenahan dan inovasi terutama dalam hal analis kinerja.  Dinilai berhasil BLU Puskesmas Unit I Sumbawa dijadikan tempat kajian oleh tim Bank Dunia (world Bank) dalam hal pelayanan, pengalokasian keuangan pada operasional BLU tersebut.

Adapun Tim Bank Dunia yang datang ke BLU Puskesmas Unit I Sumbawa , Senin (18/11/2019) yaitu Jurgen, pria asal Jerman yang menjabat sebagai Senior Publik Sektor Spesialis, Ikhsan, Ekonom Bank Dunia dan Alfi Konsultan Bank Dunia.

Jurgen melalui juru bicaranya Ikhsan saat diwawancarai berkaitan dengan kunjungannya ke Puskesmas Unit I Sumbawa ini mengatakan bahwa, kedatangannya ke Puskesmas Unit I Sumbawa ini adalah untuk belajar serta menganalisis kinerja Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa mengenai bagaimana pembiayaan dan manajemen pengelolaan kesehatan, insentif untuk mendorong kinerja serta perbaikan sistem Puskesmas agar kedepannya Bank Dunia dapat memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah dari hasil kajian dan analisis yang telah dilakukan.

Dipilihnya Puskesmas Unit I ini menjadi tujuan penelitian adalah atas rekomendasi pemerintah daerah yang menilai bahwa BLU Puskesmas Unit I Sumbawa adalah Puskesmas terbaik yang ada di Kabupaten Sumbawa serta dari hasil kajian dan analisa yang telah dilakukan, pihak Bank Dunia sangat mengapresiasi kinerja beserta program-program yang telah dilakukan oleh BLU Puskesmas Unit I Sumbawa.

“Kami mengapresiasi bagaimana pembiayaan dan manajemen pengelolaan kesehatan, insentif untuk mendorong kinerja serta perbaikan sistem yang ada di BLU Puskesmas Unit I Sumbawa meskipun ada beberapa hal yang harus dibenahi terkait kurangnya tenaga Dokter maupun Apoteker sehingga menjadi sala satu penyebab berkurangnya pelayanan yang diberikan dan hal ini akan menjadi salah satu rekomendasi Bank Dunia untuk Pemerintah Daerah kedepan,” terang Ikhsan.

Baca Juga:  Angka Covid-19 Naik, RSUD Sumbawa Siapkan Ruang Tambahan

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala BLU Puskesmas Unit I Sumbawa Kartiawan, SKM,. MPH,. menjelaskan bahwa, kedatangan Tim Bank Dunia ke BLU  Puskesmas adalah suatu hal yang baik, artinya mereka datang belajar mengenai cara kerja yang ada di Puskesmas Sumbawa berarti Puskesmas kita dianggap baik meskipun masih butuh banyak perhatian dari Pemerintah Daerah.

Semenjak dinaikkan statusnya dari UPT ke BLU, keadaan Puskesmas belum stabil dimana tenaga Dokter hanya ada satu yaitu Dokter Umum sedangkan Dokter gigi dan Dokter lainnya belum ada termasuk tenaga Apoteker, BLU belum memiliki alat-alat medis  tambahan yang memadai dan keadaan BLU yang sempit harus menjadi perhatian juga, tutup Kartiawan.(MS/cr)

Komentar

Berita Pilihan