oleh

Sumbawa Segera Berlakukan Belajar Tatap Muka

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa akan segera memberlakukan pembalajaran secara tatap muka. Direncanakan digelar mulai tahun ajaran 2021/2022, pada pertengahan Juli mendatang untuk jenjang SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd mengatakan, kebijakan tatap muka merupakan kesepakatan bersama empat Menteri. Yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Menteri Agama (Kemenag), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes). ”Resmi dimulai tahun pelajaran 2021-2022, pertengahan Juli. Tatap muka tidak lagi mengenal zona (Hijau, kuning, merah),” ujar Kadis kepada wartawan, Selasa (8/6/21).

Dijelaskan, dalam pelaksanaannya tetap mengacu kepada standar protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. 

Menurut Kadis, semua sekolah sudah siap dengan infrastruktur Prokes. Selain itu, sekolah di Sumbawa juga sudah punya pengalaman menerapkan belajar tatap mula dalam pandemi. ”Di sekolah sudah siap dengan infrastruktur penerapan Prokes. SOPnya sudah ada. Kita juga sudah punya pengalaman melaksanakan tatap muka,” terangnya.

Selain itu, hampir seluruh guru yang ada juga sudah menerima vaksin Covid-19. ”Hampir semua guru sudah divaksin. Sudah 3000 lebih yang sudah vaksin, dan saat ini masih sedang berjalan,” tambah Haji Sahril.

Diungkapkannya, dalam pelaksanaan awal belajar tatap muka dilakukan uji coba selama dua bulan. Di samping itu, sekolah juga akan diberikan kebebasan memilih sistem tatap muka yang digunakan. Apakah sistem shif, on off, atau Dalam jaringan (Daring). ”Ada masa transisi, masa uji coba selama dua bulan. Tentu ada kekurangan sana-sini, itu nanti yang kita carikan solusinya,” pungkasnya. (msr/***)

Baca Juga:  15 Sekolah Ramah Anak Dideklarasikan

Komentar

Berita Pilihan