oleh

Sambut Dies Natalis, FKIP UNSA Adakan Lomba Siswa Cerdas

Sumbawa Besar, Media Sumbawa- Dalam rangka perayaan Dies Natalis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) yang puncaknya jatuh pada hari Sabtu 28 Desember 2019, berbagai kegiatan perlombaan menyemarakan hari lahir ke 21 tahunpun banyak dilakukan yaitu dengan melaksanakan Lomba Siswa Cerdas.

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato, Lomba Essay, Lomba Selfie, dan Lomba Kreativitas Simbawa yang diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Sumbawa.

Adapun Kegiatan akan berlangsung selama Dua Belas hari, sejak tanggal 14 hingga 25 Desember dan pemenang lomba akan diumumkan pada malam puncak acara Dies Natalis 28 Desember mendatang sedangkan khusus untuk Lomba Kreativitas Siswa (LKS) akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020 mendatang.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengakomodir hasil-hasil inovasi siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Sumbawa yang akan ditampilkan LKS untuk dipersentasikan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSA, Erma Suryani, M.Pd., yang dikonfirmasi, Senin (16/12/2019) mengatakan bahwa, kegiatan maupun perlombaan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Dis Natalis FKIP UNSA ini selain untuk membangun Skill, Talenta, dan Kreativitas siswa, kegiatan tersebut juga sejalan dengan tema besar Dies Natalis UNSA Ke-21 Tahun 2019 yakni UNSA Mendukung Unggul Skill, Unggul Talenta, dan Unggul Kreatif.

FKIP sejak didirikan oleh para alumni hingga saat ini terus mengalami perubahan yang signifikan. Buktinya, hingga kini FKIP telah memiliki sebanyak 5 Program Studi.

“Sebuah perkembangan yang cukup luar biasa dan memberikan tantangan bagi FKIP ke depan. Kita punya tantangan besar dalam mengembangkan SDM, dengan tetap memperhatikan pengembangan program studi lewat pemenuhan standar-standar nasional pendidikan tinggi,” Jelasnya.

Ketua Panitia Dies Natalis UNSA Ke 21 Tahun 2019, Dr. Adnan Ibrahim, M.Pd., menambahkan, dalam rangka perayaan Dies Natalis UNSA ke 21 ini berbagai pelombaan banyak melibatkan pelajar seperti Lomba Takraw, Voly, Lomba Cerdas Cermat (LCC), lomba esai, lomba pidato dua bahasa, lomba kreatifitas siswa (LKS), lomba foto selfi, lomba bakelung, dan juga lomba Fashion Show.

Baca Juga:  Dewan Pendidikan Gelar Diskusi Penguatan Pendidikan Karakter

Lomba-lomba tersebut diadakan sebagai wadah pengembangan potensi, bakat, dan keterampilan siswa. Hal tersebut memang diharapkan dapat sejalan dengan tema yang diusung pada Dies Natalis ke 21 tahun FKIP UNSA. Dalam hal ini, UNSA juga mewadai pengembangan bakat dan potensi siswa, dengan harapan siswa-siswa di Sumbawa menjadi unggul dan dapat bersaing dengan siswa-siswa di daerah lain.

“Siswa-siswa di Sumbawa sesungguhnya memiliki potensi yang tidak kalah dengan siswa dan siswi dari daerah lain sebagaimana UNSA hingga usia 21 tahun ini, telah banyak memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap peningkatan SDM di kabupaten Sumbawa. Dimana, lulusan UNSA sampai saat ini telah mencapai lebih dari 10.000 orang dan sudah bekerja diberbagai sektor seperti Pemerintahan dan Swasta,” terang Adnan.

Ditempat terpisah, Rektor UNSA Dr. Syafruddin, SE. MM., mengapresiasi dan sangat mendukung atas seluruh kegiatan yang digelar oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSA tersebut. Terlebih, kegiatan yang dilaksanakan sangat membantu para pelajar dalam mengembangkan diri untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga menjadi generasi unggul.

Syafruddin berharap, di usia parubaya FKIP ini, semoga dapat menjadi sebuah lembaga besar, yang memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga harapan masyarakat yang menjadikan FKIP sebagai tumpuan dapat terpenuhi.

Dengan kecerdasan intelektual, emosional, spritual dan mental, guru harus menjadi contoh yang teladan bagi semua orang. Saya juga memohon para alumni untuk mengembangkan FKIP ke depan, karena FKIP akan besar bukan saja dari para dosen dan mahasiswa tetapi juga dari para alumni. Alumni memegang peran penting dalam mengembangkan FKIP ke depan,” tutup Rektor Muda berbakat ini. (MS/R)

Komentar

Berita Pilihan