oleh

Dewan Pendidikan Gelar Diskusi Penguatan Pendidikan Karakter

Sumbawa Besar, Media Sumbawa

Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa menggelar Diskusi Penguatan Pendidikan Karakter, dengan tema “Membangun Generasi Milineal yang Hebat dan Bermartabat”, bertempat di Aula H. Madelau ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (26/10). Kegiatan dihadiri 100 sekolah mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MA/SMK se Kabupaten Sumbawa. Narasumber dalam diskusi, yakni Kapolres Sumbawa, Kepala BNN Kabupaten Sumbawa, Kepala Dikbud Kabupaten Sumbawa dan Ketua MUI Sumbawa.

Ketua Dewan Pendidikan Sumbawa – Jamhur Husain dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif murni dari Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa yang merasa terpanggil dengan kondisi perkembangan generasi milenial saat ini. Pasalnya, banyak pelajar yang tidak hanya menjadi korban kriminal tapi juga sebagai pelaku, mulai dari kasus narkoba, miras, perkelahian hingga pembunuhan. Untuk mengatasi hal tersebut, jelasnya, menjadi tanggung jawab semua pihak. ‘’Seluruh elemen masyarakat berperan penting dalam membentuk karakter positif kalangan milenial, agar dapat menjadi generasi harapan bangsa untuk melanjutkan estafet kepemimpinan, dalam membangun negara dan daerah ini,’’ ujar JH – sapaan akrabnya.

Terlaksananya kegiatan tersebut, berkat dukungan Pemkab Sumbawa, melalui dana CSR PT. Bank NTB Syariah Sumbawa. Dikatakan, Dewan Pendidikan akan berupaya kegiatan tersebut akan berkesinambungan, dengan menghadirkan dan melibatkan orang tua walimurid, dan kalangan LSM. 

Sementara Bupati Sumbawa diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa – HM Ikhsan yang membuka secara resmi kegiatan tersebut, mengapresiasi Dewan Pendidikan yang berinisiatif memikirkan para generasi muda di Kabupaten Sumbawa. Dalam membangun pendidikan untuk masa depan, terdapat 3 komponen utama yaitu pendidikan karakter, pendidikan kompetensi dan pendidikan literasi. Pendidikan karakter, jelasnya, merupakan suatu usaha manusia secara sadar dan terencana, untuk memiliki dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya, agar bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. (msg)

Baca Juga:  Wagub NTB Apresiasi FK UNRAM Buka Prodi Dokter Spesialis

Komentar

Berita Pilihan