oleh

Ratusan Desa di Sumbawa Sudah Cairkan Dana Desa

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Terdapat ratusan Desa di Kabupaten Sumbawa telah mencairkan Dana Desa (DD) tahap I tahun 2021. Seluruh Desa ditekankan agar bisa melakukan pencairan pertama dalam Bulan Maret ini.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa – Varian Bintoro kepada wartawan di ruang kerjanya. Anggaran DD untuk tahun 2021 ini sekitar Rp 39,907 miliar. Pencairan DD tetap menggunakan pola tahun-tahun sebelumnya, yakni dilakukan dalam tiga tahap. Dimana tahap pertama dan kedua masing-masing sebesar 40 persen, dan tahap ketiga sebesar 20 persen.
Lebih jauh dijelaskan, adapun persyaratan untuk pencairan Dana Desa yakni adanya Peraturan Bupati yang mengatur hal tersebut, kemudian Peraturan Kepala Desa (Perkades) mengenai APBDes tahun 2021, dengan melampirkan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD, termasuk melampirkan besaran anggaran hasil refocusing 8 persen untuk penanganan Covid-19.
Sementara Kabid Pemerintahan Desa – Deden Fitriyadi menambahkan, menurut data pada Jumat pekan lalu, dari 157 Desa yang ada di Kabupaten Sumbawa, sebanyak 147 Desa yang sudah melakukan pencairan Dana Desa. Sisanya 10 Desa masih dalam proses.
Diakui, memang terjadi keterlambatan oleh Desa dalam menyusun APBDes dan Perkades. Lantaran adanya refocusing anggaran, sehingga seluruh draft APBDes terpaksa harus dirubah. ‘’Untuk yang belum, masih diproses pencairannya di KPPN,’’ terangnya. (msg/*)

Baca Juga:  Polda NTB Kawal Pendistribusian Oksigen ke RS Provinsi NTB

Komentar

Berita Pilihan