Ribuan Relawan Kebakaran Sudah Terdaftar di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa memiliki wilayah yang cukup luas. Sehingga dibutuhkan cukup banyak tenaga, guna membantu penanganan ketika terjadi kebakaran di suatu wilayah. Untuk itu, saat ini terdapat ribuan Relawan Kebakaran yang telah terdaftar di Kabupaten Sumbawa.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sumbawa, H Sahabuddin mengungkapkan, sebanyak 1.532 Relawan Kebakaran yang ada di desa-desa sudah terdaftar masuk ke dalam aplikasi SI Padam. Mereka bertugas untuk menginformasikan ketika ada bencana kebakaran di wilayah masing-masing. “Sudah kita lakukan pelatihan di semua zona. Tahun ini kita akan lakukan hal yang sama selain permintaan dari desa,” terangnya.
Menurutnya, kesiapan SDM yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sumbawa sudah cukup memadai. Apalagi ada penambahan tenaga kontrak dan PPPK. Kemampuan dari SDM ini rata-rata sudah mempunya sertifikat Pemadam I.
Untuk lebih meningkatkan kemampuan para personelnya, lanjut H Sahabuddin, pihaknya memiliki rencana mengikutkan kembali SDM yang ada, untuk memperoleh sertifikasi Pemadam II. “Ini harus didukung oleh anggaran,” tuturnya.
Selain itu, pihaknya juga mengaku sangat membutuhkan tambahan armada. Saat ini yang ada berjumlah 11 unit, yang terdiri dari 1 kendaraan sedang dalam tahap perbaikan, 8 bisa beroperasi, dan 2 rusak berat. “Jenis kendaraan ini fire truck,” pungkasnya. (msg)

Komentar