oleh

HUT Sumbawa ke 61, dari Pungut Sampah hingga Nissa Sabyan

Sumbawa Besar, Media Sumbawa
Berbagai kegiatan ditampilkan bagi masyarakat dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa yang ke 61 tahun 2020. Kegiatan itu dikemas dalam tajuk “Sumbawa Bersyukur” yang sudah mulai terlaksana beberapa hari lalu, mulai dilepasnya kitab pataka lambang Kabupaten Sumbawa keliling Kecamatan, gotong royong membersihkan lingkungan di 24 Kecamatan, Festival UMKM dan BUMDes, Jalan Sehat, hingga performance dari Artis Ibu Kota – Nissa Sabyan di halaman kantor Bupati Sumbawa, serta Tabliq Akbar oleh Ustadz Wijayanto di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa.
Pelepasan kitab pataka terlaksana pada 16 Januari 2020, sebanyak 32 anggota Satpol PP ditambah beberapa anggota dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, disiapkan untuk mengawal pataka lambang daerah tersebut. Dari kantor Bupati, peserta kirab menuju Kecamatan Ropang, dilanjutkan ke Lantung, Lunyuk, Orang Telu, dan bersemayam di Lenangguar. Hari berikutnya dilanjutkan ke Kecamatan Moyo Hulu, Batulanteh, Alas Barat, Alas, dan disemayamkan di Kecamatan Buer. Keesokan harinya menuju ke Kecamatan Utan, Rhee, Labuhan Badas, Lopok, dan disemayamkan di Kecamatan Lape. Kemudian, menuju ke Kecamatan Maronge, Labangka, Plampang, Tarano, dan disemayamkan di Kecamatan Empang. Hari terakhir pada 20 Januari dari Kecamatan Empang ke Moyo Hilir, Moyo Utara, dan berakhir di Kecamatan Sumbawa.
Upacara Penerimaan Kirab Pataka Lambang Kabupaten Sumbawa dari Camat Sumbawa – Hikmawan kepada Sekda Sumbawa – H Hasan Basri berlangsung di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar. Upacara diawali dengan Penandatanganan Berita Acara Serah terima Pataka Lambang Kabupaten Sumbawa Tahun 2020 dari Camat Sumbawa kepada Sekda, kemudian Pataka Lambang Daerah tersebut disemayamkan. Upacara tersebut berjalan khidmat dan lancar, serta dimeriahkan peserta pawai budaya dari masing – masing sekolah, instansi dan lintas etnis.
Dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke 61, juga digelar Festival UMM dan BUMDes pada 17 hingga 19 Januari 2020 di lapangan Pahlawan Sumbawa. Kegiatan ini menampilkan berbagai produk andalan masing-masing peserta seperti, panganan khas Sumbawa, alat pertanian, kre’ alang dan beberapa jenis produk hasil kerajinan tangan lainnya. ‘’Ini yang menjadi modal utama sebuah industry rumah tangga, industry kecil menengah, ekonomi kreatif dan lainnya muncul ke permukaan dan berhasil menguasai pasar. Semangat awalnya adalah kebanggan. Kebanggaan yang membuat kemauan itu menjadi muncul dan menggelora,’’ kata Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – H. Iskandar D.

Baca Juga:  Dispopar Bina Management Pokdarwis


Hal positif lainnya pada perayaan HUT Kabupaten Sumbawa tahun ini adalah dilaunchingnya Gerakan 61 Menit “Ingo Roro, Kokat”. Menurut Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah, Gerakan ini sejatinya merupakan kebiasaan baik yang ditanamkan para orang tua terdahulu, yang mencerminkan betapa masyarakat Sumbawa adalah masyarakat yang cinta kebersihan dan keindahan. Gerakan “Ingo Roro, Kokat” yang bermakna pungut sampah dan buang pada tempatnya, adalah aksi sederhana untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. ‘’Secara berkesinambungan, kita pastikan bahwa Tana’ Samawa akan menjadi kabupaten yang bersih dan sehat, tidak lagi kita temukan sampah-sampah yang berserakan dan lokasi-lokasi penimbunan sampah yang tidak dikelola dengan baik,’’ tutur Haji Mo.


Selain soal kebersihan, pada momentum HUT Kabupaten Sumbawa ke 61 ini juga digelar kegiatan Jalan Sehat yang diikuti ribuan peserta. Sekda Sumbawa – H Hasan Basri menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan perilaku hidup sehat. Sehingga pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meluangkan waktu dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. ‘’Saya berharap kegiatan Jalan Sehat ini dapat terus dicanangkan, sehingga menjadi budaya dan kebiasaan,’’ ujarnya.
Demikian pula dengan kegiatan donor darah, juga diharapkan kepada seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan dan juga memenuhi kriteria untuk dapat mendonor darah, karena dengan mendonor darah dapat menyelamatkan nyawa beberapa orang.
Diacara puncak perayaah HUT Kabupaten Sumbawa ke 61 pada 22 Januari 2020, beragam acara digelar mulai pagi hingga sore hari. Dari Hoops Dream Coacing Clinic Basketball di Lapangan Basket SMANIKA dan GOR Mampis Rungan, menghadirkan atlit nasional Kemudian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Yatim di Kelurahan Brang Biji, dan Launching Desa Berdaya Bersama Rumah Zakat di Reban Pungka Kecamatan Unter Iwis. Di hari yang sama pada pagi harinya, dilaksanakan acara Tablig Akbar bertajuk “Sumbawa Bersyukur” dengan menghadirkan Ustadz Wijayanto, dan Penampilan Penyanyi Religi Nissa Sabyan.

Baca Juga:  Launching Investasi, Gubernur Minta Permudah Perizinan

Bertepatan dengan kegiatan ini juga dilaksanakan Deklarasi Riam Remo. Semua etnis menandatangani deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen mereka dalam menjaga kemanaan dan kondusifitas daerah. Di sekitar lokasi acara, panitia menyediakan berbagai macam kuliner yang disediakan gratis untuk masyarakat. ‘’Ini semua sebagai bentuk rasa syukur atas capaian-capaian pembangunan yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Semoga semua kegiatan ini berlangsung aman dan lancar, serta kondusifitas daerah tetap terjaga,’’ kata Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – H Tajuddin. (msg)

Komentar

Berita Pilihan