oleh

Dinas Dikbud Ingatkan Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa – M. Ihksan Safitri mengingatkan kepada sekolah Lingkup Pemda Sumbawa, akan pentingnya pendidikan karakter bagi siswa. Hal inu menyusul telah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Sumbawa Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter. Perbup ini diharapkan bisa benar-benar diterapkan dengan baik dilingkungan sekolah.

“Karena kita sudah punya regulasi terkait pendidikan karakter, tanggal 9 Agustus 2021 ditetapkan oleh Bupati. Kita berharap kepala Sekolah dapat melaksanakan Perbup tersebut dengan sebaik baiknya. Kalau ini bisa dilaksanakan dengan baik, maka persoalan pendidikan di daerah kita insyaa Allah bisa kita laksanakan dengan baik,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (23/9).

Menurut Ikhsan-akrabnya disapa, hal penting dalam pendidikan karakter ini adalah pembiasaan yang dilakukan. Misalnya, memulai aktivitas pembelajar dengan literasi kitab suci, serta kegiatan keagamaan lainnya, yang waktunya bisa disesuaikan. Melalui kegiatan ini, menurut Ihksan, diyakini dapat mengandalikan sikap dan perilaku siswa, baik di sekolah, rumah, hingga lingkungan sekitarnya. 

“Mengapa ini penting, karena ini salah satu tujuan pendidikan nasional kita menciptakan akhlak yang baik, insan yang beriman dan bertakwa. Mana mungkin bisa beriman dan bertakwa manakala ia asing dengan kitap sucinya sendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, tidak ada artinya berprestasi di bidang akademik jika akhlaknya tidak baik. Misalnya, juara umum, namun berperilaku buruk kepada orang tua maupun guru. Ini merupakan tugas bersama. Bukan hanya kewajiban guru agama, melainkan tanggung jawab semua guru di sekolah. Tentu juga dengan dukungan dari keluarga siswa sendiri.

“Kami tidak bangga dengan anak yang juara umum, olimpiade namun tidak santun kepada orang tuanya, tidak hormat kepada gurunya, akhlaknya yang utama,” pungkasnya. (msr/***)

Baca Juga:  Dinas Dikbud Siap Laksanakan Perbup Pendidikan Karakter

Komentar

Berita Pilihan