oleh

Anggota Fraksi Gerindra Dukung Terbentuknya Kampung Budidaya Lobster

Sumbawa Besar, Media Sumbawa.com,- Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa dalam mendukung terbentuknya Kampung Budidaya Lobster atau yang biasa di kenal dengan Lobster Estate bukanlah isapan jempol semata, mengingat DKP Kabupaten Sumbawa telah mengusulkan tiga desa sebagai lokasinya, diantaranya Desa Pulau Bungin, Desa Pulau Kaung dan Desa Labuhan Burung  kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Nuda Tenggara Barat. Inisiatif DKP Kabupaten Sumbawa mendapatkan apresiasi dan dukungan dari anggota legislatif Fraksi Partai Gerindra yang secara kebetulan berasal dari Desa Pulau Bungin.

Dikemukakan M. Tahir kepada Media Sumbawa, Sabtu (27/3/2021)sangat penting untuk mendukung upaya pemerintah melalui DKP Sumbawa ini, mengingat kawasan perairan di desa pulau Bungin dan pulau Kaung sangat potensial untuk dilakukan pengembangan budidaya lobster yg berkelanjutan karena penduduk desa setempat mayoritas nelayan tangkap dan nelayan budidaya dan juga didukung oleh kondisi perairan di kawasan desa tersebut cukup bagus dan sudah terbukti.

‘’sudah banyak pembudidaya kerang mutiara yg berhasil di pulau Bungin dan pulau Kaung tentu harapan kita juga budidaya lobster ini juga bisa berhasil kedepannya agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,’’harap Tahir akrabnya politisi dari Pulau Bungin ini.

Lebih jauh dijelaskan Tahir, tahun lalu pulau Bungin dan pulau Kaung  ditetapkan sebagai pilot project pengembangan budidaya lobster yang berkelanjutan oleh KKP serta  ada 25 kelompok pembudidaya yang mendapatkan bantuan KJA dari KKP ini artinya potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia di Pulau Sumbawa sudah  membuktikan bahwa budidaya lobster bisa dilakukan tinggal penguatan infrastrukturnya dalam mendukung para pembudidaya, oleh karena nya saya sangat berharap dan mendorong upaya Bapak Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen perikanan budidaya untuk segera menetapkan pulau bungin dan pulau kaung sebagai kampung lobster atau lobster estate yg ada di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Salat Jumat Kembali Digelar di Islamic Center

M. Tahir sangat yakin para pelaku budidaya lobster yg ada di desa tersebut bisa berhasil dan mampu bersaing dengan  Negara Vietnam dan lobster akan menjadi produk unggulan di pulau Sumbawa untuk di ekspor ke Hongkong  apabila pemerintah dalam hal ini Menteri Kelautan dan Perikanan merestui dan mendukung hal langkah ini, karena pembudidaya lobster bisa berhasil apabila didukung dan di bantu penuh oleh pemerintah mengingat biaya operasional dlm melakukan kegiatan cukup tinggi. Demikian M. Tahir mengungkapkan. (MS/YM)

Komentar

Berita Pilihan