oleh

TNI – Polri Sosialisasikan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Sumbawa Besar-NTB, Mediasumbawa.com- Upaya TNI- Polri menyukseskan program Vaksinasi Anak usia 6-11 tahun, dilakukan dengan sosiasasi program tersebut bagi orang tua wali murid. Rabu (12/01/2022), TNI-Polri bersama petugas Puskesmas Kecamatan Alas lakukan sosialisasi di SDN 1 Alas.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada orang tua wali murid untuk menindak lanjuti program pemerintah pusat dalam rangka kegiatan vaksinasi lanjutan untuk anak usia 6 – 11 tahun serta untuk memberikan pemahaman terhadap orang tua wali murid terkait teknis serta waktunya pelaksanaan.

Akp I Komang Oka selaku PLH Kapolsek Alas saat dikonfirmasi usia kegiatan menyatakan,  sosialiasi bertujuan untuk meminta kepada seluruh wali murid untuk mendukung program pemerintah terkait vaksinasi anak serta menyakinkan seluruh wali murid bahwa vaksinasi aman dan juga manfaat vaksin untuk anak kedepannya.

“Tujuan di kumpulkan orang tua wali untuk memberikan pengertian terkait vaksin anak umur 6 – 11 tahun serta nanti pada saat pelaksanaan vaksin harus di sertai dengan surat persetujuan dari wali murid.” Ucap I Komang Oka.

Dirinya juga berharap, dengan adanya sosialisasi lebih awal terkait adanya Vaksin anak ini, kegiatan dalam rangka mensukseskan Program Vaksinasi Menuju Herd Immunity yang kuat dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Polsek Buer Lakukan Sosialiasi

Personel Polsek Buer bersama Satgas Covid-19 UPT Puskesmas Kecamatan Buer juga melaksanakan sosialisasi vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun ke sekolah. Kali ini petugas menyasar SDN Pernang Desa Labuhan Burug Kacamatan Buer, Kamis (13/01/22) pagi.

Kapolsek Buer Ipda Ma’ruful Amaly SH. menyampaikan kepada pihak sekolah dan wali murid bahwa maksud dan tujuan dari vaksinasi merupakan langkah pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19. Vaksinasi untuk anak dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19 dilingkungan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar nantinya bisa berlangsung normal kembali.

Baca Juga:  Sat Resnarkoba Polres Sumbawa Amankan Dua Terduga Kasus Narkoba Dan Miras

Sambungnya, Pelaksanaan vaksinasi merupakan bentuk kepedulian negara terhadap warga negaranya, sehingga masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir karena vaksin sudah dinyatakan aman dan sebagai upaya kita semua mencapai kekebalan tubuh yang kuat.

“Vaksin ini aman dan halal, bila sudah divaksin kekebalan tubuh atau imunitas kita menjadi kuat, jadi ayo vaksin dan jangan takut.” Ucapnya.

Ditempat yang sama, penyampaian dari perwakilan UPT Puskesmas Buer Dr. Rony Agung Nugroho menerangkan bahwa tujuan dari vaksinasi usia anak ini bertujun untuk memberikan kekebalan tubuh kepada anak-anak sedini mungkin guna mencegah anak terpapar Covid-19.

Terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk anak SD, saat ini masih menunggu jadwal dari pusat dan kabupaten.

Selain itu, Dr. Rony juga menjelaskan apabila nantinya terdapat KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) seperti demam, atau nyeri, para orang tua tidak perlu panik dan diharapkan agar menghubungi petugas kesehatan puskesmas.

“Jenis vaksin yang di gunakan yaitu SINOVAC, CORONAVAC dan BIOFARM, dimana vaksin tersebut sudah diuji kelayakan oleh pemerintah terkait keamanan, evektivitas dan halal. Tujuan vaksin untuk meningkatkan kekebalan Tubuh.” Jelasnya.(MS/SP)

Komentar

Berita Pilihan