oleh

Program ODP, Beli Pupuk Dapat Hadiah

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Ratusan petani yang ada di Kecamatan Utan begitu antusias mendatangi kios UD Lestasi yang berlokasi di Desa Stowe Brang. Kegiatan yang sama juga terlihat di UD Varias Mandiri Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa, pada Kamis (16/12). Para petani tersebut nampaknya sedang melakukan pembelian pupuk NPK Phonska Plus, yang pada saat itu juga langsung bisa mendapatkan hadiah. Pemberian hadiah dilakukan dalam memperingati HUT ke 49 PT Petrokimia Gresik, yang melaksanakan program One Day Promotion (ODP).

Perwakilan Distributor CV. Al-Zaman – L. Iwan Ady Saputra menjelaskan UD Lestari dipilih sebagai salah satu lokasi acara ODP karena melihat tingginya capaian penebusan pupuk non subsidi, khususnya NPK Phonska Plus yang saat ini telah mencapai 12,5 ton. Disamping itu lokasinya sangat strategis, sehingga menjadi pertimbangan distributor.

Ditempat yang sama, pemilik Kios UD. Lestari – Slamet Suhardi mengaku sangat senang dan mendukung penuh program ODP yang dilaksanakan PT Petrokimia Gresik. Apalagi ini baru pertama kali Produsen Pupuk mengadakan kegiatan ODP di tempatnya sendiri. ‘’Biasanya yang sering melaksanakan ODP ini hanya Produsen Pestisida, namun saat ini dari Produsen Pupuk juga melaksanakan hal serupa dan hadiahnya cukup menggiurkan. Kami dari pemilik kios sangat berayukur, hadiahnya langsung dari produsen untuk para petani kami,’’ tutur Slamet yang kini tengah membangun usaha penginapan villa berbasis agro wisata di Kecamatan Utan.

Sementara Agronomis Mobil Uji Tanah PT Pupuk Indonesia Wilayah Bali Nusra sekaligus penanggung jawab kegiatan ODP – Mastur menjelaskan, promo penjualan berhadiah atau ODP ini dilaksanakan di 8 kios secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 49 tahun yang g jatuh pada 10 Juli 2021 lalu. Namun karena masa pandemi covid-19, sehingga ulang tahun ini dibuat dengan konsep ODP Kios serentak diseluruh Indonesia pada 16 Desember 2021, setelah ada kelonggaran masa PPKM. ‘’Acara Promo Penjualan Berhadiah ini cukup meriah, apalagi hadiahnya cukup fantastis ada hadiah utama seperti Smart TV 32 inch, dispenser, kipas angin, sprayer electrik, dan hadiah menarik lainnya,’’ ujarnya.

Baca Juga:  MUI dan MPUI Gelar Aksi Damai ‘Sumbawa Bergerak’ Peduli Palestina

Dalam acara ODP tersebut, Mastur juga memberikan sosialisasi terkait pemupukan berimbang. Dalam pemaparannya diingatkan pentingnya memupuk secara berimbang untuk memenuhi nutrisi atau makanan tanaman, agar pertumbuhan dan hasil panennya optimal. ‘’Kita tidak bisa hanya mengandalkan dari pupuk subsidi saja karena alokasinya yang terbatas khususnya pupuk NPK Phonska, maka dari itu hendaknya dipenuhi kekurangannya dari pupuk non subsidi yaitu NPK Phonska Plus,’’ terangnya.

Salah seorang petani – Abdul Wahab mengatakan, dengan menggunakan pupuk yang berkualitas akan meningkatkan hasil panen. Dimana yang sebelumnya hanya 5 ton per hektar, kini bisa lebih dari 5 ton. Dirinya yang juga Kepala Desa Motong berharap agar Produsen, Distributor, dan Kios selalu menjaga ketersediaan stok pupuk, serta memberikan pemahaman tentang produk-produk pupuk dan pestisida.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Kepala Perwakilan Daerah PT Petrosida Gresik Kepulauan Sumbawa – Oktavian. PT Petrosida Gresik merupakan anak usaha dari PT Petrokimia Gresik yang bergerak dibidang pestisida atau pengendali hama penyakit tanaman.

Diakhir acara panitia melakukan pengundian kupon para petani yang sudah melakukan pembelian pupuk NPK Phonska Plus, adapun pemenang undian hadiah utama diantaranya Nyai Nandung yang mendapatkan sprayer elektrik, Zainudin mendapat kipas angin, Muhammad mendapat dispenser, dan Smart TV 32 inch diraih oleh Wayan Akin.

Kegiatan serupa juga digelar di Kios Pupuk Lengkap (KPL) UD Varias Mandiri Kelurahan Samapuin milik Mashud. Ada sekitar 43 peserta yang hadir dalam kegiatan OPD dan sosialisasi pemupukan berimbang tersebut. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan sosialisasi sambil menunggu dilakukan pengundian kupon untuk mendapatkan hadiah. ‘’Setiap pembelian tiga sak pupuk dapat selembar kupon untuk diundi. Dan semua dapat hadiah,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  DPRD Sumbawa Minta Kejelasan Puskesmas Ropang

Komentar

Berita Pilihan