oleh

Penyuluhan Tangkal Corona, Kepala KUA Labuhan Badas sampaikan PHBS ala Rasulullah

Sumbawa Besar, Media Sumbawa,- Puskesmas Kecamatan Labuhan Badas menggelar Penyuluhan terkait penanganan Virus Corona (Covid-19) yang dilaksanakan di Masjid Ibnussabil Kompleks Karang Dima Indah Kecamatan Labuhan Badas, pada hari Jum’at (20/03/2020). Kegiatan tersebut merupakan bagian rangkaian kegiatan Pengajian Bulanan Majelis Taqlim PKK Desa Karang Dima.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Labuhan Badas Hizbullah, S.Sos, Kepala KUA Labuhan Badas Ustadz H. Faisal Salim, S.Ag, Kepala Desa, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, para petugas penyuluhan Puskesmas Labuhan Badas, Penyuluh Non PNS KUA Labuhan Badas dan Ibu-ibu di sekitar Kompleks Karang Dima Indah.

Kepala KUA Labuhan Badas menyampaikan dakwah islamiyah yang berkaitan dengan sikap umat Islam mengantisipasi wabah Covid-19. Dalam dakwahnya Ustadz H. Faisal Salim, S.Ag menyampaikan bahwa Rasulullah adalah uswatun hasanah bagi segala aspek kehidupan. Bahkan teladan itu tampak dalam perilaku hidup sehat Nabi dalam kesehariannya.

“Nabi Muhammad benar-benar sebagai uswah hasanah atau contoh terbaik termasuk dalam kesehatan,” papar Dea Guru Faisal Salim sapaan akrabnya.  Hal tersebut dibuktikan dengan terjaganya kesehatan beliau yang tidak pernah sakit, kecuali hanya dua kali.

Lebih lanjut, menurut Dea Guru Faisal Salim, contoh lain dari Rasulullah adalah tidak pernah meminum obat sintetik. Inilah menjadi penanda bahwa Islam sangat menghargai perilaku sehat, seperti tercermin pula dalam sejumlah ajarannya.

“Islam mengajarkan wudhu yang ternyata mampu memberikan manfaat kepada manusia,” kata Dea Guru Faisal Salim.  Selain itu ada perintah siwak, kesunnahan fitrah berupa khitan, dan anjuran puasa. Uswah hasanah tersebut hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan perilaku baik di lingkungan.

“Indikator pola hidup sehat bisa dengan makan buah dan sayur,” paparnya.

Baca Juga:  Ruman Aman/Shelter Sumbawa Diresmikan

Hal lain yang harus dilakukan adalah memperhatikan aktifitas fisik. “Karenanya banyak bergerak dengan olahraga sangat penting, dan gerakan yang paling sempurna ada dalam sholat”, tandas Kepala KUA Labuhan Badas yang murah senyum itu. “Dan yang juga tidak kalah penting adalah melakukan deteksi dini terhadap kondisi kesehatan, yang prosedurnya akan disampaikan oleh Puskesmas Labuhan Badas”, pungkasnya.

Camat Labuhan Badas, dalam sambutan singkatnya mengharapkan kepada jama’ah dan masyarakat pada umumnya agar memaknai dan mendengarkan arahan pemerintah dalam penanangan Covid-19. Juga, beliau berharap para jamaah mendengarkan dan memaknai bagaimana pandangan agama terhadap kesehatan yang disampaikan oleh Kepala KUA Labuhan Badas dan penyuluhan tentang Corona oleh petugas PKM Labuhan Badas.

“InsyaAllah, Pemerintah akan selalu hadir dan siap ditengah-tengah masyarakat. Dan terkait dengan penanganan virus corona, kita butuh dukungan masyarakat dan kolaborasi dengan semua pihak termasuk dengan para tokoh agama, petugas kesehatan, majelis pengajian maupun TP. PKK”, ujar Hizbullah. (MS/RA)

Komentar

Berita Pilihan