oleh

Pemuda Miliki Usaha Ditargetkan Mendapat NIB

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa saat ini sedang menginventarisir para pemuda yang memiliki dan menjalankan usaha. Mereka didata untuk kemudian bisa memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemuda Dispopar – Nur Hikmah kepada media ini, Jumat (11/2). Pihaknya mengetahui cukup banyak pemuda di Kabupaten Sumbawa yang menjalankan usaha. Namun sejauh ini mereka belum tercatat memiliki izin di instansi terkait.

Untuk itu, saat ini pihaknya sedang menginventarisir para pemuda yang memiliki dan menjalankan usaha. Sambil berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan,  serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu. ‘’Itu kolaborasi tiga OPD, Dinas Perizinan untuk izin, Dinas Koperindag untuk produknya, dan Dinas kita (Dispopar) untuk pemudanya atau dari segi sumber daya manusianya,’’ terangnya.

Pendataan ini, lanjut Nur Hikmah, rencananya dilakukan selama lima bulan kedepan. Dispopar menargetkan bisa hasilkan 1.000 NIB bagi pengusaha milenial. Sehingga dalam menjalankan usaha, para pemuda Sumbawa sudah memiliki izin yang resmi. ‘’Makanya kita menyusun roadmap pemudanya. Sekarang kita sedang mendata jumlah pemuda yang punya usaha. Setelah kita data, kita akan melakukan pelatihan untuk mendapatkan izin berusaha, dan mendapatkan nomor induk berusaha,’’ pungkasnya. (msg)

Baca Juga:  HUT Sumbawa Ke-62, Husni -Mo Persembahkan Prestasi Pembangunan

Komentar

Berita Pilihan