Harga Beras Naik, Diskoperindag dan Bulog Sumbawa Lakukan Penangan Cepat

Ekonomi243 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Harga beras kelas medium dan premium di sejumlah pasar mengalami kenaikan, di awal Tahun 2023. Akan situasi ini, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa bersama Bulog Sumbawa pun melakukan penanganan cepat.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, Iwan Setiawan menyampaikan, berdasarkan pantauan di Pasar Seketeng dan Pasar Brang Biji beras medium saat ini mengalami kenaikan. Dari harga Rp 11 ribu per kilogram pada tanggal 2 sampai 6 Januari, menjadi Rp 12 ribu per kilogram sejak tanggal 9 hingga saat ini. Sementara untuk beras premium saat ini berada diharga Rp 13 ribu dari sebelumnya Rp 12 ribu. “Ada kenaikan seribu rupiah untuk harga beras medium dan premium,” ungkapnya.

Kenaikan ini, ungkap Iwan-akrabnya disapa disebabkan oleh pola pasokan bukan permainan pedagang. Karena saat ini masih dalam musim tanam dan petani serta pabrik penggilingan tidak memiliki stok. Sehingga terjadi adanya biaya produksi tambahan.

Dijelaskannya, terhadap kondisi ini pihaknya bersama bulog sumbawa melakukan intervensi untuk melihat kestabilan harga dan pasokan di pasaran. Yakni dengan menyalurkan ratusan kilo beras di Pasar Seketeng dan Brang Biji. “Sehingga dengan bulog kita coba menstabilkan harga dan suplai beras medium ini,” tambahnya.

Sementara Pemimpin Cabang Bulog Sumbawa, Omar Sarif M.T meminta warga tak perlu ohawatir oleh kenaikan harga beras tersebut. Seab  pihaknya  telah melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga, serta stok beras di gudang  Bulog yang saat ini masih melimpah.  “Kami sudah mulai operasi pasar dengan melepas atau mensuplai beras kelas medium di pedagang seharga Rp  8.300 per kilo atau lebih rendah dari harga pasar,”  sebut Omar.

Ditegaskannya, Bulog berkomitmen  menyediakan pangan beras medium dengan harga yang dapat  dijangkau oleh masyarakat.  “Tidak perlu khawatir ada peningkatan   harga beras. Stok di gudang cukup banyak dan komitmen kami menyediakan beras medium dengan harga terjangkau melalui operasi pasar,” terangnya seraya menyebut operasi pasar  tengah berlangsung  diberbagai titik dan toko retail. (msr)

Komentar