oleh

Hari Jadi ke-61 Kabupaten Sumbawa, Bupati Launching Pembangunan 10 Layanan Wifi Gratis

Sumbawa Besar, Media Sumbawa, – Bertepatan dengan puncak acara peringatan HUT ke-61 Kabupaten Sumbawa yang bertajuk “Sumbawa Bersyukur” yang menghadirkan Ust. H. Wijayanto dalam Tabligh Akbar dan Nisya Sabyan yang menyajikan lagu-lagu religi, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc juga melaunching layanan internet gratis wifi.id bantuan Telkom Witel NTB hasil koordinasi intensif Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa dalam rangka mendukung Kabupaten Layak Anak, Kota Cerdas, Sumbawa Gemar Membaca, Kreatifitas Pemuda, UMKM dan Pariwisata.

Dalam sambutannya, Bupati Husni Djibril menyebutkan dimulai dari Taman Mangga kemudian Taman Alas, Taman Utan, Taman Genang Genis, Taman Sahabat, Jempol, Taman Layak Anak Kelurahan Seketeng, Taman Bacaan Dispussip, Taman Plampang dan Taman Empang akan dilayani internet gratis.

Lebih lanjut, disampaikan Kadis Kominfotik Sumbawa Rachman Ansori di Taman Mangga, Rabu (22/01/2020) menyatakan bahwa pemasangan perangkat layanan wifi gratis dimulai hari ini di Taman Mangga.

“Mulai sore atau malam ini, masyarakat yang berkunjung ke Taman Mangga dapat menikmati internet gratis”, ujar Ansori. Kemudian secara bertahap akan dilakukan pemasangan oleh teknisi Telkom di Taman Genang Genis Kecamatan Unter Iwes dan di lokasi lainnya. Direncanakan pada akhir Januari 2020 ini masyarakat di 10 lokasi tersebut dapat menikmati internet gratis.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan internet dengan cerdas, positif dan produktif,” himbau Ansori. Walaupun layanan yang akan diberikan adalah layanan 24 jam, namun untuk langkah awal Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa akan berkoordinasi dengan Telkom sampai pukul 22.00 Wita atau jam 10 malam. Tindakan ini diambil dalam rangka mencegah terjadinya dampak negatif dari penggunaan internet.

Selain itu juga, Kadis Kominfotik Sumbawa menjelaskan bahwa dalam waktu dekat juga sebagai rangkaian peringatan HUT ke-61 Kabupaten Sumbawa, akan meresmikan BTS Daerah Terpencil Program USO BAKTI Kementerian Kominfo yang dibangun pada tahun 2019 di tujuh titik di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Pikat Investor, Kawasan Samota Diperjuangkan Jadi KEK

“Kami sedang menyiapkan Surat Bupati kepada BAKTI Kemkominfo terkait rencana peresmian BTS USO ini”, ujar Ansori. Ketujuh titik yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian koneksi VSAT dengan setelit, nantinya akan dapat dinikmati oleh masyarakat dalam berkomunikasi seluler maupun berinternet karena sudah berteknologi 4G dengan operator Telkomsel.

Dari tujuh titik site yang dibangun, BTS Sebotok saat ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat, sedangkan BTS Tero Jotang, BTS Jamu, BTS Kopo Mungkin, BTS Telaga, BTS Kalimango Mokong dan BTS Matemega Marente akhir Januari 2020 dapat dinikmati oleh masyarakat setempat. (MS/*)

Komentar

Berita Pilihan