oleh

Dinas Kominfotik Sumbawa Siapkan Aplikasi Statistik Sektoral

Sumbawa Besar, Mediasumbawa –  Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) menuntut peran yang lebih besar terhadap Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa dalam penyelenggaraan tata kelola data dan informasi statistik sektoral. Hal tersebut membuat Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa terus berbenah. Mengingat sebelumnya penyelenggaraan statistik sektoral dilaksanakan oleh setiap instansi dan diperlukan sinkronisasi maupun koordinasi yang baik.

Dengan terbitnya Perpres SDI terang Kepala Dinas Koinfotik Sumbawa Rahman Anshori, maka peran Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa menjadi strategis, sebagai walidata yang bertanggungjawab terhadap kualitas data daerah khususnya statistik sektoral yang dihasilkan oleh seluruh perangkat daerah selaku produsen data statistik sektoral.

“Kita semua tentu sepakat jika data kurang valid akan bermuara pada pengambilan keputusan atau kebijakan yang kurang tepat, sehingga program-program dan anggaran pendukungnya menjadi tidak begitu efektif hasilnya, sebab didukung oleh data yang tidak berkualitas,” papar Rachman Ansori, Kadis Kiminfotik Kabupaten Sumbawa pada Selasa siang (11/8/2020) di ruang kerjanya kepada awak media.

Lebih lanjut, Ansori menjelaskan, guna memperbaiki sistem pengelolaan data statistik sektoral daerah, maka tim teknis Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa, yang terdiri dari Bidang TI dan Bidang Statistik, sedang berupaya membangun sebuah aplikasi Sigma Sumbawa (Sistem Integrasi Data dan Informasi Statistik Sektoral) yang dapat memudahkan segenap perangkat daerah dalam menghasilkan data statistik sektoral yang berkualitas serta terkoordinir dengan baik sehingga terwujudnya sistem statistik di daerah yang lebih handal.

Beberapa waktu yang lalu, juga telah dilakukan pembahasan awal yang konsep Perbup dan Rancangan Aplikasi yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan, M.Pd dengan melibatkan unsur terkait antara lain Bappeda, BPS, Dinas Dikbud, Dinas Kesehatan dan unsur lainnya.

Baca Juga:  Distrubusi 400 Ton Pupuk Tidak Jelas

“Tim IT kami sedang merampungkan desain Aplikasinya, sedangkan Tim Statistik sedang menyelesaikan Peraturan Bupati-nya, kami berharap Aplikasi Sigma Sumbawa ini akan dapat terselesaikan pada Agustus 2020 ini bertepatan dengan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Ansori.

Melalui aplikasi tersebut nantinya akan dapat terbangun sinergitas antar instansi yang terlibat dalam tata kelola sistem statistik ini. Selain itu melalui pemanfaatan aplikasi tersebut juga akan terbangun sebuah pusat data daerah yang terverifikasi dan disimpan melalui server atau cloud.

Tantangan ke depannya, Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa dituntut untuk mampu menyediakan data statistik sektoral yang valid dan berkualitas yang akan menunjang pemerintah daerah ataupun segenap stakeholder terkait dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi berbagai program pemerintahan dan pembangunan yang linked kepada pemerintah pusat, provinsi dan kecamatan/desa/kelurahan, khususnya dalam era percepatan transformasi digital. (MS/RA)

Komentar

Berita Pilihan