Pemkab Sumbawa Gelar Konsultasi Publik Ranwal RPJPD 2025-2045

Pemerintahan51 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Ranwal RPJPD) 2025-2045. Kegiatan ini dilaksanakan di aula H Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa pada Kamis, (11/1/2024).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, para Staff Ahli Bupati Sumbawa, Kepala Bappeda Sumbawa, para pimpinan  OPD terkait, termasuk Kepala Brida dan Kepala Bappeda Provinsi NTB yang hadir secara daring.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, E. S. Adi Nusantarah menyampaikan, kegiatan merupakan rangkain dari proses tahapan Pembangunan Daerah. RPJPD ini nantinya akan menjadi acuan dari penyusunan visi misi calon Kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah nantinya.

Diungkapkan, Bappeda telah menetapkan enam tematik yang menjadi dasar penyusunan arah kebijakan dan sasaran prioritas yaitu, kebudayaan, transformasi tata kelola, inovasi daerah, lingkungan hidup dan konektifitas wilayah, transformasi sosial dan transformasi ekonomi. Keenam tematik tersebut dihasilkan 21 arah kebijakan dan 38 sasaran prioritas. “Hal ini masih rancangan awal dan masih bisa berubah sampai RPJPD,” jelasnya.

Sementara, Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang tersebut akan menjadi dasar bagi bakal Calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak nantinya. Dalam Rancangan Awal RPJPD ini diharapkan selaras dan konsisten dengan visi dan misi RPJPN Pemerintah Pusat dan RPJPD Provinsi NTB.

Selain itu, Bupati Sumbawa juga kembali mengingatkan seiring mendekati Pemilihan Umum legislatif dan Pilpres untuk melaksanakan pesta demokrasi tersebut dengan kondusif, aman dan lancar. (msg)

Komentar