oleh

Ini konsep Belanja Daerah Efesien dan Berkualitas Menurut NurSalam

Sumbawa Besar, MediaSumbawa.com- (10/11/2020),- Calon Wakil Bupati pasangan NurSalam, Burhanuddin Jafar Salam (BJS) menjanjikan perubahan belanja daerah Kabupaten Sumbawa efisien dan berkualitas.

Pernyataan itu disampaikan BJS dalam kampanye pasangan NurSalam di Dusun Serba Mutiara, Desa Luar, Kecamatan Alas pada Sabtu malam (7/11/2020).

Menurutnya, tag line NurSalam ‘Barema Jatu Samawa’ adalah upaya melibatkan masyarakat melalui program.

“Yang lambat jadi cepat, yang mahal jadi murah, yang sulit dipermudahkan dengan pola sistem pemerintahan tidak menggunakan cara cara biasa,” kata BJS didepan massa kampanye NurSalam.

Ia mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa sebesar Rp1,8 triliun pertahun anggaran. Belanja publik berkisar Rp800 miliar- Rp1 triliun, sisanya untuk gaji pegawai dan lainnya. Namun jumlah tersebut amat kecil untuk wilayah sebesar Kabupaten Sumbawa.

Untuk itu menurut dia, Sumbawa membutuhkan pemimpin yang muda, enerjik dan kreatif seperti NurSalam untuk meningkatkan APBD Kabupaten Sumbawa.

BJS kemudian menyebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sumbawa yang rendah namun memiliki APBD lebih besar karena bersumber dari pemerintah pusat dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusu (DAK).

PAD kata dia masih bisa ditingkatkan dengan milih pemimpin yang tidak memikirkan rutinitas tetapi memiliki kreativitas yang mampu untuk meningkatkan APBD. Sehingga belanja APBD mampu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas belanja.

Dalam hal ini BJS memberi contoh untuk melipatgandakan nilai dan kualitas belanja APBD seperti, jika biasanya harga satu item barang dihargakan Rp5.000 maka dibawah kepemimpinan NurSalam nilai uang Rp5.000 bisa untuk mendapatkan dua jenis item barang.

Cara demikian menurut dia hasil penelaahan selama dirinya menjadi anggota DPRD tiga periode.(msr)

Baca Juga:  PAN Sumbawa Rampungkan Pendaftaran Bakal Calon

Komentar

Berita Pilihan