Pemda Sumbawa Luncurkan Bantuan Pangan CBP Tahun 2024

Pemerintahan92 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Bulog meluncurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (31/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah melepas secara resmi penyaluran secara simbolis kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP) 8 kelurahan di Kecamatan Sumbawa. Turut hadir mendampingi Bupati, Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Sumbawa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pemimpin Cabang Bulog Sumbawa, Waka Polres Sumbawa,  serta lainnya. “Bantuan pangan yang disalurkan dalam jangka waktu enam bulan, mulai bulan Januari hingga Juni tahun 2024, akan menjadi penopang bagi kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa,” kata Bupati dalam sambutannya.

Menurutnya, dalam situasi yang masih diwarnai oleh berbagai tantangan, langkah-langkah konkret seperti program bantuan pangan CBP ini sangatlah penting. Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama dengan berbagai pihak terkait berkomitmen untuk memastikan bahwa bantuan pangan ini dapat mencapai sasaran dengan tepat, efisien, dan transparan.

Melalui program ini, tidak hanya memberikan bantuan pangan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat. “Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat penerima bantuan, maupun dalam menguatkan rasa solidaritas di antara kita semua,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumbawa, Irin Wahyu Indarni dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia NO. 19 Tahun 2024 Tentang Perubahan Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional nomor 01/TS.03.03/K/1/2024 Tentang Petunjuk Teknis Untuk Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Penyaluran CPP melalui pemberian bantuan pangan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen.

Adapun sasarannya yakni, Penerima Bantuan Pangan (PBP) adalah masyarakat miskin dan yang mengalami rawan pangan dan gizi di Kabupaten Sumbawa meliputi 24 Kecamatan 165 Desa/ Kelurahan. Penerima Bantuan Pangan ditetapkan oleh Kepala Badan Pangan Nasional berdasarkan hasil koordinasi tingkat menteri / kepala lembaga sebanyak 49.581 PBP dengan jumlah rapat bantuan 495.810 kg/ bulan untuk Kabupaten Sumbawa.

Kemudian, penerima bantuan pangan akan memperoleh bantuan pangan beras sejumlah 10 kg setiap bulan selama 6 bulan mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2024. Tahap I diberikan pada bulan januari – Maret 2024 Tahap II diberikan pada bulan April – Juni 2024.

Penyedia bantuan pangan berupa beras dilaksanakan oleh Perum Bulog Sub Divre Wilayah Sumbawa. PT. Jasa Prima Logistic selaku transporter yang bertugas mengantarkan/menyalurkan dari gudang Bulog sampai ke PBP. “Ini peluncuran tahun 2024 melanjutkan dari program 2023 sesuai instruksi presiden untuk kita laksanakan,” kata Pinca Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi, kepada wartawan usai kegiatan.

Adapun sistem penyalurannya kata Zuhri, dari gudang bulog diangkut oleh transporter, lalu diantarkan ke titik distribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Sistem penyalurannya nanti diantar oleh transporter ke ke keluarahan san desa sesuai dengan titik sistribusi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dari gudang Bulog kemudian transporter mengantar ke titik distribusi, dan penerima manfaat langsung menerima beras,” pungkasnya. (msg)

Komentar