Berupaya Penuhi Target Sanitasi Aman, Pemkab Sumbawa Gelar Workshop

Pemerintahan75 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) melaksanakan Workshop Sanitasi Aman, pada Senin (29/1/2024), di aula Hotel Grand Sumbawa. Ini dilakukan dalam upaya memenuhi target sanitasi aman di daerah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Provincial Coordinator NTB – Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Mataram, Lale Widiahning sekaligus menjadi narasumber, serta Water for Women Project Yayasan Plan International Indonesia, Jatmoko. Sementara peserta kegiatan dari sejumlah Camat, para OPD terkait, serta lainnya.

Sekretaris Bappeda Sumbawa,  Wahyu Indrajaya dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa target yang harus dicapai oleh Pemkab Sumbawa selama tahun 2024. Salah satunya sanitasi aman. “Ada beberapa (Program) yang on the track. Ada beberapa lagi yang butuh ekstra untuk capai target itu, salah satunya sanitasi aman,” terang Wahyu.

Dijelaskan, Pemkab Sumbawa saat ini sedang menyusun rencana jangka panjang daerah. Mengingat ada penyesuaian target ditingkat Kabupaten. “Sanitasi aman salah satu pendukungnya adalah IPLT. Dan IPLT sudah dibangun melalui DAK tahun 2023. Terbangunnya IPLT harus dipastikan berfungai dengan baik,” tuturnya.

Diungkapkan, Pemerintah Indonesia menetapkan target sanitasi aman sebesar 15 persen dari jumlah penduduk, hingga akhir tahun 2024. Sementara Kabupaten Sumbawa saat ini baru mencapai sekitar 7 persen. “Ini yang terus kita upayakan agar bisa memenuhi target,” tandasnya.

Sementara, Provincial Coordinator NTB – Water for Women Project Yayasan Plan International Indonesia, Jatmoko menyatakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk sanitasi aman, seperti terkait penampungan, pengangkutan yang terjadwal, serta memastikan bagaimana IPLT berjalan dengan baik. “IPLT sudah diresmikan. Dalam proses ini masih banyak yang perlu dibenahi,” tukasnya.

Pihaknya mengaku bersama para pihak terkait juga turut berupaya agar sanitasi aman di Kabupaten Sumbawa bisa mencapai target yang telah ditetapkan. “Masih ada masyarakat yang berfikir masih belum terlalu penting untuk penyedotan (Tanki Septic). Itu yang masih menjadi PR di Kabupaten Sumbawa untuk sanitasi aman, agar bisa tercapai,” pungkasnya. (msg)

Komentar