Ribuan KK di 15 Kecamatan Terdampak Kekeringan

Pemerintahan178 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Sumbawa memperkirakan sebanyak 53.774 jiwa warga di 15 Kecamatan, terdampak  kekeringan.  Sehingga mereka kesulitan air bersih.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan, Rusdiando AR kepada wartawan, Senin (11/9/2023). Diungkapkan senyak 35 desa di 15 kecamatan yang dilaporkan mengalami kesulitan air bersih.

Dari desa-desa  yang  telah diasesment,  sambung  Rusdianto, desa terparah  mengalami kesulitan air bersih yakni Desa Brang Kolong Kecamatan Maronge,  serta  desa-desa yang berada diwilayah  pesisir. “Desa Brang Kolong yang parah. Sumur bor  yang dalamnya puluhan meter, tidak ada airnya,”  ungkapnya.

Untuk membantu warga yang kesulitan air bersih, pihaknya masih memberikan bantuan yang  bersifat kedaruratan. Artinya belum bisa optimal, lantaran  pengusulan anggaran musti direview lebih dulu  oleh  Inspektorat.

Terkait alokasi anggaran yang dibutuhkan, Rusdianto mengatakan  berkisar Rp 126 juta  perbulan dengan  kuantitas suplay sebanyak 4 kali per bulan  setiap desa.  (msg)

Komentar