Pelatihan Berakhir, Bupati Harap Kemampuan Peserta PBK Bertambah

Pemerintahan281 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Setelah beberapa bulan terlaksana, akhirnya Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahap dua tahun 2023 berakhir, pada Jumat (11/8/2023). Kegiatan terlaksana di UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan penutupan dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum – Dirmawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa – Budi Prasetiyo, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kasdim 1607 Sumbawa dan peserta pelatihan.

Dalam laporannya, Kepala Disnakertrans mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini ditujukan kepada semua masyarakat Sumbawa terutama anak-anak muda yang ingin meningkatkan keahlian untuk memastikan bahwa di dunia kerja sekarang membutuhkan prasyarat skill yaitu keahlian yang bersifat kompetensi.

Oleh sebab itu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbawa tidak henti-hentinya untuk tetap memberikan pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja terutama tenaga kerja lokal, sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja dan dunia usaha. “Oleh sebab itu proses itu tetap kita lakukan secara konsisten Istiqomah untuk tetap menjalankan pelatihan-pelatihan yang serupa sehingga nanti kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan punya skill khusus itu akan menjadi lebih banyak di Kabupaten Sumbawa,” tuturnya.

Lebih lanjut Doktor Budi menerangkan pelatihan tahap kedua diikuti 112 orang, sebelumnya di tahap pertama kemarin ada 128 orang. Diperkirakan akhir bulan Agustus akan dibuka kembali PBK tahap 3 dengan peserta sekitar 64 orang, untuk kelas-kelas yang lebih tinggi atau kelas Advan untuk pengembangan kompetensi.

Untuk pelatihan di tahap kedua ini ada 8 kejuruan seperti, otomotif, pengelola hasil pertanian atau tata boga, menjahit, Basic Office atau komputer, desain grafis, Welder atau las listrik, listrik bangunan sederhana, AC switch. “Ditambah lagi sekarang kita meningkatkan untuk yang kelas Advan kelas lebih tinggi lagi yaitu Welder 6G las listrik 6G dan operator alat berat beserta listrik otomatis, jadi kira-kira sekitar 10 Jurusan yang kita lakukan mulai dari basic sampai Advan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum membacakan sambutan Bupati menyampaikan, segala usaha harus dilakukan secara maksimal sehingga hasilnya akan menjadi maksimal, tentu di dalam melakukan usaha begitu banyak rintangan atau halangan, oleh karena itu harus tetap semangat dalam berjuang untuk mendapatkan cita-cita yang diraih.

Ia berharap dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini akan dapat menambah skill atau kemampuan para dalam mengembangkan keahliannya di bidang masing-masing, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam penyelenggaraan pelatihan ini baik rekan-rekan struktur, maupun fasilitator serta pihak lain yang telah mendukung, jadi tanpa dukungan dan kerja keras saya kira program ini tidak akan berhasil seperti yang kita lihat pada hari ini,” pungkasnya. (msg)

Komentar