Disos Sumbawa Verivali Data Peserta BPJS PBI APBD

Pemerintahan79 views
Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Sosial (Disos) secara berkala melakukan verifikasi dan validasi (Verivali) data penerima BPJS PBI yang bersumber dari dari APBD.
“Kita secara rutin melakukan verifikasi dan validasi data penerima BPJS PBI,” kata Kepala Dinas Sosial Sumbawa melalui Kabid Limjamsos, Syarifah, kepada wartawan, Selasa (27/2/2024).
Dijelaskan, berdasarkan data verivali bulan Januari, ditemukan sebanyak 150 orang peserta yang telang meninggal dunia, pindah alamat keluar Kabupaten Sumbawa.
Selanjutnya, pada Bulan Februari dilakukan dua kali verivali. Tahap pertama ditemukan sebanyak 119 orang, dan tahap kedua sebanyak 154 orang. Semuanya telah dinonaktifkan dari kepesertaan. “Berdasarkan verivali, yang meninggal dunia pindah dan alamat diluar Kabupaten Sumbawa dikeluarkan dari data 2024. Termasuk juga yang lulus PPPK, TNI/Polri, dan dianggap sudah mampu,” terangnya.
Hingga saat ini, total 98.888 orang masyarakat Kabupaten Sumbawa terdaftar sebangai peserta penerima bantuan BPJS PBI ABPD. Jumlah tersebut mencapai 30 persen dari total penduduk berdasarkan data Dukcapil Sumbawa semester I tahun 2023. “Ini merupakan komitmen Pemda Sumbawa memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (msg)

Komentar