Pemerintah Kabupaten Sumbawa Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023

Pemerintahan78 views

Sumbawa, mediasumbawa.com- Kabupaten Sumbawa meraih prestasi dengan mendapatkan Tingkat Pratama dalam Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui zoom meeting di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa ini, diikuti oleh Wakil Bupati Sumbawa. Hadir juga pada kesempatan ini Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa, Serta OPD terkait. Kegiatan ini sendiri berlangsung pada Selasa, (19/12/2023).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si., atau yang di kenal dengan ibu Bintang Puspayoga, dalam sambutannya yang dilakukan secara daring menyampaikan saat ini perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Negara Indonesia dalam UUD 1945 dan berbagai pereturan Perundang-undangan telah mengamanatkan jaminan perlindungan dan kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk perempuan. Dalam mengupayakan kesetaraan bagi perempuan maka peran seluruh pihak sangat dibutuhkan.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Kesetaraan Gender dan Kesejateraan Keluarga, Nurfaridah, S.Kom., M.M., menjelaskan Penganugerahan Parahita Ekapraya merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan Gender dan pemberdayaan Perempuan di Daerah oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia kepada pemerintah daerah. Evaluasi Penilaian pada penganugerahan ini sendiri dilakukan secara mandiri melalui tahapan Administrasi, Lapangan dan final. Penilaian dilakukan tiap Tahunnya akan tetapi, untuk penganugerahannya sendir dilakukan satu kali dalam dua. Jadi untuk Penilaian pada penanugerahan Tahun yakni tahun 2021 dan 2022. Jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pada Tahun 2023 Kabupaten Sumbawa mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama yang mana penganugerahan ini berlangsung dua Tahun sekali. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi pemerintah Kabupaten Sumbawa agar kedepannya pada Penganugerahan Parahita Ekapraya yang akan datang pada Tahun 2025 dapat meningkatkan prestasi menjadi Madya. (MS/Sp)

Komentar