Pemerintah Ajarkan Masyarakat Mandiri Hadapi Inflasi

Pemerintahan52 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, H Hasan Basri, membuka Seminar Rakyat Mandiri Inflasi Terkendali. Ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar mampu mandiri dalam menghadapi tantangan inflasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula H Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa pada Selasa, (28/11/2023). Hadir pada kegiatan ini Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Sumbawa, Branch Manager Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa, serta OPD terkait.

Dalam sambutannya, Sekda mengungkapkan, materi yang diangkat pada seminar yakni literasi keuangan keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan keuangan yang sehat dan berkelanjutan.

Inflasi merupakan masalah ekonomi yang dampaknya dapat dirasakan di seluruh lapisan masyarakat, yang dapat berimbas pada penurunan daya beli masyarakat, serta penurunan kesejahteraan dan kualitas hidup. “Seminar ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar mampu mandiri dalam menghadapi tantangan inflasi yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi di daerah,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pemahaman akan inflasi penting bagi masyarakat, agar dapat mengambil langkah yang tepat dalam menghadapi gejolak ekonomi, sehingga literasi keluarga menjadi penting agar dapat memberikan pemahaman terkait manajemen keuangan supaya mampu mengelola pendapatan dan pengeluaran dengan bijak.

Selain itu, lanjut Sekda, sangat dibutuhkan kolaborasi antar-stakeholder, implepmentasi kebijakan yang bijaksana, serta peningkatan kualitas SDM dan kemampuan mengelola dinamika ekonomi dalam mengendalikan Inflasi. “Melalui seminar ini bersama-sama dapat merumuskan solusi-solusi konkret untuk mengatasi persoalan inflasi dan meningkatkan literasi keuangan keluarga,” pungkasnya. (MS)

Komentar