Kades Kukin Stimulus Kemandirian Pangan Warganya

Pemerintahan46 views

Sumbawa- mediasumbawa.com- Membagikan bibit sayur mayur. Langkah ini adalah salah satu upaya pemerintah Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara menstimulus kemandirian pangan bagi warga melalui pemanfaatan pekarangan.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita buat tempat pembibitan. Kita semai kemudian kita bagikan kepada seluruh warga untuk ditanam di pekarangan masing-masing,”Kata Kepala Desa Kukin Suhri, Amd.

Tidak hanya bibit, bentuk motivasi lainnya adalah pemerintah desa juga akan memberikan pupuk kompos untuk optimal hasilnya nanti. Pemerintah desa juga akan terus memantau hingga hingga masa panen sukses.

Menurutnya, upaya ini sekaligus untuk memotivasi warga untuk bisa memanfaatkan setiap potensi yang ada di depan mata. Salah satunya pekarangan yang keberadaannya dianggap sepele. Dengan adanya bantuan ini, warga diharapkan menanam pada pekarangan rumah maupun lahan kosong.

“Sayang kalau lahan pekarangan dibiarkan begitu saja. Akan lebih baik jika kita olah dengan budidaya pertanian, misalnya tanam cabai, sayuran dan lain sebagainya. Yang jelas hasilnya bisa mengurangi kebutuhan rumah tangga dan bisa menambah penghasilan masyarakat jika dilakukan secara serius,” ujarnya. (MS)

Komentar