Ratusan UMKM Dapat Bantuan dari Pemerintah

Pemerintahan170 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah memberikan bantuan kepada ratusan kelompok UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa. Bantuan diberikan saat acara Syukuran Pencapaian Anugerah Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2023 dan Penyerahan Paket Bantuan Sarana UMK/IKM Tahun 2023, di Kantor Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Sumbawa, Senin, (6/11/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, Anggota Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD terkait, serta lainnya.

Kepala Diskoperindag Sumbawa, Dedy Heriwibowo dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Sumbawa bisa mendapatkan penghargaan di IHYA berkat terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam penyelenggaraan Sertifikat Halal kepada UMKM dan IKM. Sehingga perlu adanya Rancangan Perda tentang Ekosistem Produk Halal di Kabupaten Sumbawa.  Tujuannya untuk tata kelola produk halal dapat berkembang dengan baik. “Saya harapkan sertifikat halal ini dapat mencapai ke Kecamatan-Kecamatan melalui program yang sudah di desain melalui pendamping dan penyedian sertifikat halal di level Kecamatan,” tuturnya.

Tahun ini bantuan sarana untuk UMKM/IKM yang disalurkan bernilai Rp 2,71 Miliar, yang di terima oleh 111 Kelompok UMKM yang ada di daerah.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq menyampaikan, kemitraan harus terus terjaga. Karena keberhasilan daerah tidak akan lepas dari kemitraan lembaga eksekutif dan legislatif.

Terkait dengan bantuan yang berikan, Pemerintah juga harus mengawal keberadaan UMKM-UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa. Sehingga perlu adanya pendampingan, evaluasi dan pengawasan supaya adanya keberlanjutan dari Kelompok UMKM agar terus eksis. Selain itu, UMKM harus dapat menyesuaikan dengan digitalisasi yang ada saat ini.

Sementara, Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah memberikan penghargaan atas apa yang didapatkan ini. Menurutnya itu bukti nyata upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam memajukan industri halal di Kabupaten Sumbawa, yang telah mendapatkan pengakuan di tingkat Nasional.

Oleh karena itu, melalui mementum ini, Pemkab Sumbawa merangkaikan acara ini dengan penyerahan paket bantuan sarana bagi UMKM dan IKM di Kabupaten Sumbawa. Pemerintah juga mengapresiasi peran penting UMKM dan IKM dalam menghidupkan perekonomian lokal dan memperkuat identitas halal di Kabupaten Sumbawa.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Sumbawa kepada Kelompok IKM, masing – masing Kelompok. Dimana pada acara tersebut diberikan secara simbolis kepada lima perwakilan Kelompok UMKM/IKM yang ada. (msg)

Komentar