Studi Banding Ke Temanggung, Wabup : Langkah Sukses Menggapai PPD

Pemerintahan136 views

Sumbawa Besar, Mediasumbawa.com- Guna menggapai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany, S.Pd,. M.Pd,. melaksanakan Studi Banding ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Wabup Novi sapaan akrabnya, kepada media ini, Kamis (26/10/2023) mengatakan bahwa, kunjungannya ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah adalah dalam upaya untuk memahami faktor kesuksesan daerah tersebut dalam menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappenas.

Dalam kunjungannya, Wakil Bupati Sumbawa diterima dengan baik oleh Bupati, Sekretaris Daerah, dan Kepala Bapenda Kabupaten Temanggung.

“Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk melakukan studi banding dan memahami langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kabupaten Temanggung hingga meraih PPD,” ujar Wabup Novi.

Wabup menyatakan tekadnya untuk mengambil pelajaran dari daerah lain yang telah meraih penghargaan serupa. Ia meyakini bahwa dengan menambah wawasan dan pengetahuan melalui studi banding, sumbawa dapat mengambil langkah-langkah yang lebih baik dalam perjalanan menuju kemajuan dan pembangunan yang berkelanjutan.

“Kunjungan ini mencerminkan semangat dan tekad untuk mewujudkan visi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” dengan mengambil inspirasi dari daerah-daerah sukses dalam pembangunan,” jelasnya.

Wabup berharap dengan studi banding tersebut akan membuka pintu untuk pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik antara dua daerah.

Dengan memahami faktor kesuksesan Kabupaten Temanggung dalam menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Sumbawa berharap dapat mengadopsi strategi dan tindakan yang relevan untuk meningkatkan perkembangan dan kualitas kehidupan masyarakat di wilayah mereka.

Ditambahkan, banyak hal yang dapat diambil dari kabupaten lain yang sukses. Tinggal bagaimana kolaborasi masyasakat dan pemerintah mengolah potensi yang ada.

“Banyak yang bisa kita tiru dan modifikasi. Butuh kerja keras dan kolaborasi bersama-sama untuk membangun Sumbawa karena potensi SDA kita lebih baik dari Temanggung. Hanya saja kelebihan mereka banyak berinovasi dari hal yang kecil dan diikut sertakan peran masyarakat,” terangnya.

Wabup juga berharap, masyarakat yang punya ide dan gagasan, pemerintah memberikan stimulan dan mensuport untuk setiap kegiatannya.

“Intinya, adalah bahwa ini akan menjadi langkah awal menuju pencapaian visi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” dan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan daerah kita,” pungkasnya. (MS/N/ril)

Komentar