Kabupaten Sumbawa Laksanakan Gerakan Pangan Murah

Pemerintahan175 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa menggelar Gerakan Pangan Murah serentak, pada Senin (16/10/2023). Kegiatan berlangsung di Taman Mangga Sumbawa, untuk memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2023.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumbawa, Irin Wahyu Indarni menjelaskan, Gerakan Pangan Murah ini mengangkat tema Air adalah Kehidupan, Air adalah Pangan. Tujuannya adalah menjaga alam yang merupakan sumber kehidupan manusia dan sumber pangan.

Adapun barang barang yang disiapkan antara lain Beras Medium Rp 53 ribu/5 kg, minyak goreng Rp 14 ribu/Kg, tepung terigu Rp 8,5 ribu/Kg, gula pasir Rp 14 ribu/Kg, daging sapi Rp 130 ribu/ Kg, telur ayam Rp 17 ribu/mika, bawang merah Rp 15 ribu/Kg. “Harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pangan Nasional. Dimana harga-harga panganan ini lebih rendah daripada harga pasar dan ditawarkan kepada masyarakat Sumbawa.

Ia menekankan pentingnya menjaga harga sembako yang terjangkau, terutama dalam situasi dimana harga beras meningkat. Kerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) juga penyediaan beras dengan harga terjangkau. “Pemerintah Sumbawa juga berkolaborasi dengan sektor terkait untuk memastikan ketersediaan pangan murah bagi masyarakat,” terangnya.

Wakil Bupati menekankan komitmen untuk terus mengadakan kegiatan pangan murah, tidak hanya pada peringatan Hari Pangan, karena antusiasme masyarakat sangat tinggi. “Kita upayakan melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan,” tuturnya.

Selain melaksanakan bazar murah di Taman Mangga, OPD terkait juga akan turun ke semua kecamatan untuk menggelar pasar murah, sehingga semua lapisan masyarakat dapat memanfaatkan barang-barang pangan yang harganya terjangkau. (msg)

Komentar