Perubahan APBD 2023 Untuk Pembiayaan Program Pelayanan Dasar Masyarakat

Pemerintahan119 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah menghadiri sidang paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumbawa terhadap Hasil Pembahasan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2023. Kegiatan berlangsung pada Rabu (6/9/2023) di ruang sidang utama gedung DPRD Sumbawa.

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, didampingi oleh para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa. Hadir pula para anggota Forkopimda, para pimpinan OPD serta lainnya.

Dalam penjelasan akhirnya, Bupati menegaskan, Perubahan APBD 2023 secara garis besar diarahkan untuk pembiayaan program/kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat, dan program/kegiatan prioritas lainnya yang anggarannya belum tersedia atau belum cukup tersedia dalam tahun anggaran berjalan, epnyesuaian belanja gaji dan tunjangan asn. Selanjutnya pengalokasian belanja sisa dana alokasi khusus tahun 2022, pengalokasian belanja bantuan keuangan dari pemerintah provinsi, pembayaran atas penyelesaian pekerjaan tahun anggaran 2022, penyesuaian alokasi dana desa (ADD), belanja-belanja wajib dan mengikat serta mendesak lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan, termasuk belanja-belanja untuk mendukung sinergitas dengan program-program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

‘’Kami menyadari bahwa perjalanan proses pembahasan yang telah berlangsung begitu dinamis. Semua dinamika yang berlangsung sejatinya dilandasi oleh semangat kemitraan dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah sesuai fungsi kita masingmasing, serta semangat dan visi yang sama yaitu Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban,’’ tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan ini, Pemerintah Daerah akan menyusun Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023. Hal ini dimaksudkan agar kebijakan anggaran yang telah disepakati dapat ditindaklanjuti secara teknis oleh perangkat daerah terkait.

‘’Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua stakeholder pembangunan daerah termasuk segenap lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa, atas dukungan dan partisipasinya dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan petunjuk dan hidayahnya kepada kita semua serta meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam memberikan pengabdian terbaik bagi tau dan tana samawa yang kita cintai ini,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar