Pemda Sumbawa Peringati Hari Hiu Paus Internasional 2023

Pemerintahan163 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Dalam rangka memperingati Hari Hiu Paus Internasional 2023, Pemerintah Kabupaten Sumbawa  mengadakan Talkshow dengan tema, “Kolaborasi Antar Mitra Pembangunan Melalui Pendekatan Ekonomi Biru Dalam Rangka Memperkuat Ekowisata.” Kegiatan yang di buka langsung oleh Bupati Sumbawa ini dilaksanakan di aula H Madilaoe ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (29/8/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Nusa Tenggara Barat, Senior Program Direktor Konservasi Indonesia, Head Human Resources PT. Mowilex Indonesia, PT. Sumbawa Gen Nusa Tenggara Barat, serta OPD terkait.

Dalam Sambutannya Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah menyampaikan Kegiatan talkshow yang diadakan ini menunjukkan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam menjaga potensi alam dan lingkungan, sekaligus mengoptimalkan potensi ekonomi berkelanjutan yang dimiliki oleh Kabupaten Sumbawa.

Dalam upaya menjaga potensi alam dan mengembangkan sektor pariwisata berkelanjutan, lanjutnya, maka diadopsi konsep ekonomi biru. Konsep ini, menekankan pemanfaatan sumber daya laut dengan bijak, memprioritaskan konservasi, inovasi teknologi, dan kolaborasi lintas sektor.

Keberadaan ekosistem Hiu Paus di kawasan Teluk Saleh Sumbawa, menurutnya,  merupakan salah satu magnet utama Pariwisata Berbasis Bahari yang sangat berharga bagi Kabupaten Sumbawa. Ekosistem yang seimbang, terjaga, dan lestari adalah aset berharga tidak hanya generasi saat ini, tetapi juga generasi yang akan datang. “Keberadaan Hiu Paus dalam perairan ini menjadi bukti nyata bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki harta karun alam yang ternilai harganya,” tuturnya.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan Konservasi Indonesia. MOU yang dilakukan Pemkab merupakan bentuk komitmen bersama untuk bekerja dalam melindungi dan memanfaatkan sumber daya laut secara bijak. (MS)

Komentar