Ini Pendapat Akhir Bupati Sumbawa dalam Sidang Paripurna KUA-PPAS Tahun 2024

Pemerintahan124 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – DPRD Kabupaten Sumbawa melaksanakan sidang paripurna ke dua, terkait pembahasan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024. Paripurna pada Senin (14/8/2023), dipimpin Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, dan didampingi oleh Wakil Ketua II Syamsul Fikri dan Waka III Nanang Nasiruddin. Hadir secara langsung Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah untuk mengikuti dan menyaksikan jalannya paripurna, sekaligus menyampaikan Pendapat Akhir Bupati. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan dipandu oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Sumbawa.

Dalam pendapat akhirnya, Bupati mengatakan, pada rapat paripurna sebelumnya dan penjelasan yang disampaikan pada rapat pembahasan antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, bahwa target pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah tahun anggaran 2024 masih mengacu pada target tahun anggaran 2023. Sementara disisi lain terdapat belanja-belanja daerah yang wajib dialokasikan seperti belanja pendidikan minimal 20 persen dari APBD, belanja kesehatan, anggaran diklat bagi ASN, belanja penguatan kapasitas aparat pengawasan internal pemerintah, alokasi dana kelurahan, alokasi dana desa, dana desa, dana hibah pilkada, pembayaran angsuran pinjaman daerah, tambahan penghasilan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), belanja-belanja wajib dan mengikat lainnya serta belanjabelanja yang mendukung tema dan prioritas daerah tahun 2024.

Bupati mengaku sangat mengapresiasi rencana rapat kerja untuk membahas mengenai detail potensi dan target PAD oleh Badan Anggaran DPRD bersama TAPD dan OPD pengelola pendapatan daerah. Sedangkan mengenai informasi resmi terkait pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah tahun anggaran 2024, diharapkan sudah diterima pada awal Oktober 2023.

Pihaknya menyadari bahwa perjalanan proses pembahasan yang telah berlangsung selama ini begitu dinamis. Ia juga yakin, semua dinamika yang berlangsung sejatinya dilandasi oleh semangat kemitraan dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah sesuai fungsi masing-masing, serta semangat dan visi yang sama yaitu “Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban”.

‘’Ucapan terima kasih tak lupa pula kami sampaikan kepada semua stakeholder pembangunan daerah termasuk segenap lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa, atas dukungan dan partisipasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan petunjuk dan hidayahnya kepada kita semua, serta meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam memberikan pengabdian terbaik bagi tau dan tana samawa yang kita cintai ini,’’ pungkasnya. (msg)

Komentar