Sensus Pertanian 2023 Diharap Menghasilkan Data Akurat

Pemerintahan208 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah membuka Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 (ST2023) BPS Kabupaten Sumbawa, pada Senin (12/6/2023). Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 di Kabupaten Sumbawa berjalan dengan lancar dan sukses, serta menghasilkan data yang akurat.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan apresiasi kepada jajaran Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia berpesan agar para peserta dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Sehingga ide dan pandangan yang dimiliki dapat membantu memajukan sektor pertanian di Kabupaten Sumbawa.

Menurut Bupati, kegiatan ini pada dasarnya lebih ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan tanggungjawab bersama untuk menyediakan data struktur pertanian terutama untuk unit-unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian, disamping sebagai jalinan kerjasama, koordinasi dan komunikasi antara BPS Sumbawa dengan seluruh pengguna data dan stakeholder yang ada.

Sebelumnya, Kepala BPS Kabupaten Sumbawa, Ahmad Zammiluny mengungkapkan, sensus ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik, sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Ini merupakan kegiatan yang ketujuh, sejak dilaksanakannya pada tahun 1963.

ST2023 merupakan upaya pemenuhan indikator pertanian di Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan data di tingkat nasional dan global. Data struktur dalam sensus ini meliputi skala usaha pertanian, kepemilikan lahan, penggunaan lahan, luas tanaman, irigasi, jumlah ternak, jumlah tenaga kerja, input pertanian lainnya, serta geospasial lahan pertanian.

Dijelaskan, sesuai rekomendasi FAO dalam publikasi World Programme for Census of Agriculture 2020, tujuan dari sensus ini adalah menyediakan data struktur pertanian sampai unit-unit administrasi terkecil, menyediakan data pokok sebagai tolak ukur statistik pertanian, menyediakan data sampel untuk survey pertanian lanjutan. (msg)

Komentar