Dibuka Bupati, Sumbawa Kembali Laksanakan PBK 2023

Pemerintahan157 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemda Sumbawa kembali menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2023. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah,, pada Senin (5/6/2023), di aula UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Acara pembukaan dihadiri Kepala Disnakertrans Sumbawa dan seluruh peserta PBK.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Disnaketrans yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sebagai ikhtiar dalam meningkatkan pemahaman dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Sumbawa. Pelaksanaan pelatihan ini merupakan komitmen Pemkab dalam merealisasikan 10 Program Unggulan, tepatnya pada point ke-5 yaitu, membuka 10.000 lapangan kerja, pelatihan, serta sertifikasi secara gratis.

Bupati berharap agar kedepannya Kabupaten Sumbawa semakin banyak memiliki SDM yang handal dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Sehingga, para peserta PBK diminta dapat mengikuti pelatihan dengan penuh perhatian guna dapat menambah pengetahuan atau kompetensi sesuai kejuruan.

Sebelumnya, Kepala Disnakertrans Sumbawa, Budi Prasetiyo dalam laporannya mengungkap, PBK tahap kedua ini berlangsung selama 43 hari kedepan. Diikuti oleh 112 peserta yang terbagi dalam 7 paket pelatihan. “Setelah PBK berakhir, para peserta akan mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” terangnya.

Diungkapkan, Disnaketrans Sumbawa mengirim sebanyak 20 peserta untuk magang di sektor tambang. Tak hanya itu, melalui kerjasama Disnaketrans dengan PT. Amman, sebanyak 60 mahasiswa telah dikirim untuk mengikuti 3 paket program pelatihan yaitu, pelatihan Alat Berat, Operator 6G, dan Listrik. (msg)

Komentar