Pemda Sumbawa Terus Upayakan Percepatan Penurunan Stunting

Pemerintahan191 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Sumbawa, Varian Bintoro, membuka kegiatan Analisis Situasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sumbawa Tahun 2023. Kegiatan terlaksan Senin (29/5/2023), di aula H Hasan Usman lantai I kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya Varian menyampaikan, ada beberapa kelompok yang menjadi sasaran dalam pencegahan stunting yaitu ibu hamil, ibu menyusui dan anak 0 sampai 59 bulan. Untuk itu Ia  berharap OPD terkait dapat bekerja dengan baik dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Sumbawa.

Varian mencontohkan Dinas Ketahanan Pangan, yang mengarah kepada lokus (Lokasi Fokus), kemudian lebih fokus lagi mengintervensi gizi terhadap masyarakat yang rentan stunting. “Sasarannya adalah remaja, calon pengantin, ibu hamil dan ibu menyusui,” ujarnya.

Terlaksananya analisis situasi terhadap data hasil pekan penimbangan publikasi aksi 7 konvergensi stunting Tahun 2021 dan Tahun 2022 dan cakupan layanan supply dan layanan essensial sehingga ditentukan Desa yang nantinya dijadikan Lokus penanganan stunting pada tahun 2024 yaitu Desa Pungkit Kecamatan Lopok, Motong Kecamatan Utan, Uma Sima Kecamatan Sumbawa, Sebotok dan Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas, Labuhan Kuris dan Dete Kecamatan Lape, Mungkin Kecamatan Orong Telu, dan Lebin Kecamatan Ropang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan,  beserta OPD terkait lainnya. (msg)

Komentar