Pameran MXGP Samota Bakal Libatkan Ratusan Pelaku UMKM

Pemerintahan136 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemda Sumbawa dalam tahun ini kembali melaksanakan pameran dalam mendukung pelaksanaan Motocross Grand Prix (MXGP) Samota 2023. Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini Pemda juga akan melibatkan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di daerah.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa, Dedy Heriwibowo, kepada wartawan Rabu (17/5/23) mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan terhadap UMKM dimaksud. Termasuk berkoordinasi dengan penyelenggara. “Masih dalam proses pendataan. Namun kesepakatan kami dengan pihak penyelenggara, sebanyak 350 UMKM,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, ada beberapa lokasi yang disiapkan untuk pelaksanaan pameran. Tentunya tempatnya sama seperti tahun sebelumnya yakni di Taman Mangga, sebagian lagi disekitar lokasi sirkuit. Termasuk di lokasi tempat berlangsungnya konser musik.

Menurutnya, pertumbuhan UMKM di Sumbawa meningkat pesat. Sejak Digelarnya MXGP Samota 2022 lalu. Dalam forum yang aktif mengikuti event ini sekitar 363 UMKM. Namun sebenarnya, UMKM yang didata oleh dinas jauh lebih banyak. “Alhamdulillah kami memfasilitasi mereka dalam forum UMKM Kabupaten Sumbawa. Setiap ada event yang diselenggarakan, mereka aktif berpartisipasi termasuk di kegaiatan pra MXGP,” tukasnya.

Kedepan, pihaknya menginginkan UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat naik kelas. Baik dari segi produk yang dihasilkan, maupun standarisasi hingga pengaturan manajemen oleh para pelaku UMKM tersebut. (msg)

Komentar