Sumbawa Susun Grand Design Pembangunan Kependudukan

Pemerintahan158 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Kabupaten Sumbawa melaksanakan rapat pendampingan penyusunan dan pengolahan data, dan analisis GDPK 5 Pilar. Guna menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK). Ini merupakan kebijakan dalam program lima tahunan pembangunan kependudukan Indonesia, guna mewujudkan target pembangunan kependudukan.

Rapat pendampingan tersebut digelar pada Kamis (11/5) di aula H Hasan Usman lantai I kantor Bupati Sumbawa. Sekda Sumbawa, H Hasan Basri dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga grand design pembangunan kependudukan ini bisa segera diterapkan di Kabupaten Sumbawa. “Grand design ini mudahan bisa segera final,” harap Sekda.

Maksud dari GDPK yakni memberikan arah bagi pelaksanaan pembangunan kependudukan, menjadi pedoman bagi penyusunan peta jalan (road map) pembangunan kependudukan agar terjadi sinergi, sinkronisasi, harmonisasi, efektifitas dan efisiensi pembangunan kependudukan, menjadi acuan bagi Dinas / Badan / Kantor / Instansi dalam perencanaan pembangunan berwawasan kependudukan, mewujudkan pembangunan kependudukan yang berkelanjutan melalui rekayasa kondisi penduduk optimal yang berkaitan dengan jumlah struktur/komposisi,pertumbuhan serta persebaran penduduk yang sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan hidup.

Tujuan Utama dari GDPK adalah tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa. Sedangkan tujuan khusus dari GPDK ini adalah Penduduk Tumbuh seimbang, Manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, mandiri, beriman dan memiliki etos kerja yang tinggi, Keluarga Indonesia yang berketahanan, sejahtera, sehat, maju, mandiri dan harmoni. Keseimbangan persebaran penduduk yang serasi dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan, Administrasi Kependudukan yang tertib, akurat dan dapat di percaya.

Hadir pula dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kesehatan. Hadir pula dari Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta lainnya. (msg)

Komentar