Pemda Sumbawa Gelar Halal Bihalal Rayakan Idul Fitri 1444 H

Pemerintahan201 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar acara Halal Bihalal usai Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M, pada Selasa (2/5) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini mengusung tema “Kita Perkokoh Persatuan, Mempererat Ukhuwah Wathoniyah Menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkedaban”.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menyampaikan, dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri khususnya di Tana’ Samawa, semua masyarakat mengadakan silaturrahim dan halal bihalal yang mengandung maksud saling memaafkan atas segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh kedua belah pihak, baik di antara teman sejawat, karib kerabat, maupun antara anak dan orang tua atau dari yang muda kepada yang tua.

Tentu tradisi baik seperti ini perlu terus dilestarikan dan dibudayakan, dalam rangka menjaga hablumminannas, sekaligus untuk lebih memperkokoh kebersamaan dan keharmonisan dalam kehidupan keluarga dan kehidupan bermasyarakat.

Ditempat yang sama Kyai. H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin dalam kegiatan tersebut menyampaikan, jangan menganggap bulan Ramadan berlalu, kemudian amal ibadah juga berlalu. Di Sumbawa, saat Lebaran Idul Fitri ada tradisi ziarah yang memiliki makna mendatangi, yang artinya mendatangi dari rumah ke rumah. Tradisi tersebut wajib di jaga. ‘’Agama Islam untuk menyelamatkan sesama, untuk kita semua dan bukan diri sendiri. Jangan cuma memiliki Islam, tetapi harus menjadi Muslim. Kita harus memperkuat Ukhuwah Islamiah. Islam memiliki peran penting dalam negeri dan yang paling dekat dengan Pancasila adalah Agama Islam,’’ pungkasnya.

Hadir pula dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Sumbawa, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Pimpinan OPD serta jajarannya, para Camat, Pengasuh Ponpes Dea Malela, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (msg)

Komentar