Pengisian SIRUP OPD Kabupaten Sumbawa Ditargetkan Tuntas Bulan Ini

Pemerintahan274 views

Sumbawa Besar, mediasumbawa.com – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kabupaten Sumbawa masih melakukan pendampingan pengisian Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada aplikasi SIRUP. Hingga saat ini, sekitar 90 persen lebih Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah tuntas penginputan.

Kepala Bagian PBJ Setda Kabupaten Sumbawa, Abdul Haviedz ST., M.Ce Dev kepada wartawan mengatakan, OPD yang belum mengisi RUP pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) merupakan beberapa kecamatan.

“Saat ini sudah 90 persen lebih tuntas, sisanya tinggal beberapa kecamatan saja yang belum selesai. Ini lah yang akan kita lakukan pendampingan, InsyaAllah di bulan ini sudah tuntas 100 persen,” ujarnya, Senin (27/3/23).

Diungkapkan, pendampingan pengisian SIRUP sebetulnya sudah berproses dan telah berakhir pada awal Maret lalu. Namun dikarenakan adanya beberapa OPD yang belum tuntas atau masih dalam proses penginputan tersebut, sehingga pihaknya masih melakukan pendampingan.

“Tidak lepas dari itu, terhadap SKPD atau OPD yang belum tuntas kami tetap melakukan pendapingan. Baik kita undag mereka secara langsung, maupun kita yang merapat ke perangkat daerah itu sendiri. Sehingga SIRUP ini dapat tuntas 100 persen,” terangnya.

Haviedz-akrabnya menjelaskan, SIRUP merupakan pintu masuk OPD untuk melakukan belanja APBD atau untuk belanja barang dan jasa. Sepanjang sudah memiliki rincian belanja atau akan belanja, kemudian masuk ke dalam SIRUP Kabupaten sehingga dapat berproses.

“Termasuk proses penyiapan, persiapan pengadaan barang dan jasa, termasuk juga pemilihan perencanaan, pemilihan penyedia barang dan jasa. Baik seleksi tender maupun swakelola,” tandasnya. (msr)

Komentar