Asistensi Pelayanan Publik Upaya Mewujudkan Sumbawa Gemilang

Pemerintahan141 views

Sumbawa, mediasumbawa.com- Pemerintah Daerah Sumbawa melaksanakan Asistensi Persiapan Pelaksanaan Evaluasi kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023. Ini merupakan salah satu strategi akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya pada pemerintah Kabupaten Sumbawa.  kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya pengukuran sistematis pada suatu unit kerja dalam jangka waktu tertentu, juga memperoleh indeks pelayanan publik.

Demikian dikatakan,  Sumbawa Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Ir. Dirmawan, kamis (16/3/2023) di aula Hasan Usman lantai 1 kantor Bupati Sumbawa.

Terkait dengan hal tersebut terang Dirmawan,  secara tekstual disebutkan dalam misi ke-3 NTB, ini mungkin sama dengan Kabupaten Sumbawa yang memiliki 5 misi yang isinya Sumbawa Gemilang Berkeadaban. Jadi bagaimana mewujudkan Sumbawa yang mempunyai daya saing yang kuat baik di regional, nasional maupun internasional . Salah satu misi yang terkait dengan kegiatan ini adalah Bersih Melayani , yaitu mengupayakan pengelolaan pemerintah yang baik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, terbentuknya birokrasi pemerintahan yang profesional dan berkinerja tinggi serta meningkatnya pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan.

Asisten menambahkan, Pemberian pelayanan publik oleh operator pemerintah kepada masyarakat merupakan implikasi dari fungsi operator sebagai pelayanan masyarakat sehingga kedudukan aparatur Pemerintah dalam pelayanan sangat strategis karena akan menentukan sudah sejauh mana pemerintah mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi masyarakat. ‘’Membangun kebersamaan di antara perangkat daerah sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam melaksanakan berbagai kebijakan di bidang pelayanan publik agar dapat berjalan secara Sinergi dan mencapai hasil yang optimal, di samping itu mendorong setiap unit kerjanya penyelenggara pelayanan publik untuk senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kualitas,’’tutup Dirmawan.

Sementara itu,  Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat yang disampaikan oleh Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinisi NTB Ahlul Wakti, ST.,MT.mengungkapkan rasa syukurnya bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dalam satu kegiatan yaitu asistensi persiapan pelaksanaan pelayanan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Pihaknya juga menyampaikan terimaksih kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Dirmawan yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. “Pelayanan publik Lombok Tengah aja bisa. Mengapa Sumbawa dan KSB tidak bisa”. Sebagai informasi mall pelayanan publik di Lombok tengah itu terdapat 20 instansi yang mengisi dan ada 160 jenis layanan yang ada dalam satu tempat, itu sangat luar biasa, tentu akan menjadi sangat efektif dan efisien dan hal tersebut juga bisa meningkatkan pemasukan daerah dan sebagainya di sisi lain masyarakat juga dapat lebih mudah mendapatkan akses dan informasi yang diharapkan. Nantinya ini akan berujung pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang sudah dilakukan. Ungkap Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Prov. Nusa Tenggara Barat,’’terang Ahlul Wakti.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan atau yang mewakili Dinas terkait dari Kab. Sumbawa dan Kab. Sumbawa Barat serta tamu undangan lainnya.(MSX)

Komentar